Iklan

Cara Membuat Subtitle Tanpa dan Dengan Software

Subtitle adalah sebuah text yang biasanya mengiringi sebuah video atau film. Fungsi text ini adalah sebagai penerjemah dari bahasa asli video ke bahasa yang diinginkan. Subtitle biasanya terletak dibawah dan berukuran kecil kamu juga harus mempunyai kemampuan membaca dengan cepat, karena rata-rata subtitle tayang dengan cepat sesuai waktu aktor/aktris berkata-kata. Bisa-bisa kamu akan ketinggalan makna dan arti sehingga tidak tahu maksud dari video itu.

Subtitle biasanya berformat SRT atau SUB, dan disematkan dengan nama yang sama dengan file video dan akan tampil secara otomatis ketika file itu diputar, dalam hal ini VLC adalah software yang bisa melakukuan demikian. Tidak hanya secara offline tapi secara online di Youtube kita juga bisa memberikan subtitle pada video yang kita upload. Tak hanya itu youtube juga bisa membuatkan subtitle otomatis dari bahasa inggris melalui alogaritmanya yang canggih.


Cara Membuat Subtitle Tanpa Software

Lalu bagaimana cara membuat subtitle itu? sebenarnya membuat file subtitle itu mudah bahkan kita bisa membuatnya dengan software text editor bawaan windows yaitu Notepad. Tapi hal penting yang harus kamu tahu adalah format penulisan subtitle itu. Jika kamu ingin membuat file srt maka format penulisannya akan seperti dibawah ini.

Berikut ini contoh subtitle potongan dari Serial Cosmos A Space Time Oddysey

1
00:00:04,309 --> 00:00:06,877
<i>Apa yang kita lihat tak selalu benar.
2
00:00:06,911 --> 00:00:09,280
<i>Indera kita bisa menipu.
3
00:00:09,314 --> 00:00:12,116
<i>Bahkan bintang-bintang</i>
<i>tak seperti yang terlihat.
4
00:00:12,150 --> 00:00:14,618
<i>Jagat raya, seperti yang</i>
<i>terungkap dengan sains,
5
00:00:14,653 --> 00:00:17,955
<i>lebih aneh dari</i>
<i>yang bisa kita bayangkan.

Penjelasan:
Text Warna Merah = Nomor urut
Text Warna Biru = Waktu text muncul format menit:detik:milidetik dan waktu text berakhir di pisahkan dengan tanda --->
Text Warna Hitam = Isi Text terjemahan, bisa diformat html seperti <i> untuk teks miring dan <b> untuk teks tebal.

Kamu tinggal mengkonfigurasi timing subtitlenya sesuai file video, jadi kamu harus membuka 2 software. Pertama software player video dan yang kedua text editor (Notepad). Jika sudah silakan save as type pilih All File dan masukkan nama file sesuai video diikuti format srt, misal "alien.srt".

Agak ribet memang harus play dan pause video, menyesuaikan waktu yang pas dan mengetik manual, jika kamu salah format penulisan 1 karakter saja bisa tidak bekerja subtitlenya.

Dengan Software

Untuk itu saya menawarkan solusi kedua yang lebih mudah dan tentunya cepat. Namun harus dengan software tambahan yang harus kamu instal di komputer atau laptopmu.

Saya rekomendasikan Sotware Subtitle Edit, mengapa saya rekomendasikan software Subtitle Edit, pertama, karena memang saya sering menggunakan software ini untuk projek subtitle saya. Kedua, Software ini memiliki fitur yang komplit yang pastinya sangat memudahkanmu untuk mengedit subtitle. Berikut screenshot dari software ini,.

subtitle editor

Kelebihan utama dari software ini adalah kemampuannya menampilkan 3 fungsi utama yang berisi video player. text editor dan gelombang suara. Video player langsung menampilkan preview dari subtitle. Text editor memberikan kemudahan baik itu dalam set timing dan input textnya, bisa menghapus membuat baris baru. Fitur gelombang suara, memberikan kemudahan untuk mendeteksi kapan suara vokal muncul, untuk menentukan timing subtitle yang lebih presisi. Ada juga fitur auto translate yang bisa langsung mentranslate subtitle ingris ke indonesia.


Kalian bisa download software ini disini.


Sudah jelas kan, kaliang tinggal pilih mana yang lebih kalian suka. Lebih pilih tanpa atau dengan software. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang bingung ingin membuat subtitle.


0 Response to "Cara Membuat Subtitle Tanpa dan Dengan Software"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel