Adsense

Mengatasi Jack Audio Depan tidak Berfungsi Pada PC

Audio adalah suatu elemen terpenting dalam suatu komputer, komputer tanpa audio atau speaker bagai kucing tanpa anjing. Tidak ada seorang yang mau mempunyai komputer yang tidak bisa mengeluarkan suara-suara atau lagu lagu. Terutama bagi para gamer mania, audio adalah hal krusial yang wajib ada pada konsol gaming mereka.

Suatu hari ketika anda merakit pc atau instal ulang windows tiba-tiba anda kaget jack audio yang terletak dibagian depan PC tidak bisa berfungsi sama sekali. Hal inilah yang baru saja saya alami, karena saya newbe soal komputer upgrade, saya langsung bongkar dan tes kabel front panel dengan avometer barangkali ada yang terputus. Tapi ternyata tidak, semua kabel tersambung dengan baik dan optimal. Bahkan pada saat itu saya coba untuk membeli kabel front panel baru. Tapi semua niat itu saya urungkan setelah saya tahu penyakit utamanya.



Langsung saja saya beberkan, mengapa audio depan anda tidak fungsi. Bukan masalah hardware tapi ternyata ke masalah drivernya. Untuk itu pastikan anda sudah menginstal driver audio yang cocok untuk motherboard anda. Kalo motherboard saya msi A88xm p33 bisa langsung saya temukan di situs resminya https://www.msi.com/Motherboard/support/A88XM-P33.html#down-driver&Win10%2064. Kalau tidak mau repot, cukup instal software 3dpchip yang otomatis mencarikan driver yang cocok untuk mobomu. Biasanya drivernya bermerk Realtek. Setelah itu silahkan instal dan restart komputermu.

Solusi

Sekarang kita langsung ke penyelesaian intinya.
Pertama-tama buka control panel masukkan kata kunci "audio" pada kolom pencarian.
Lihat gambar dibawah ini.

control panel
Klik pada hasil yang pertama yaitu Realtek HD Audio Manager. Maka akan muncul jendela seperti ini, (tampilan interface berbeda-beda tergantung motherboard, tapi overal fungsinya sama).

hd audio manager

Jika sudah langsung saja klik pada ikon kunci inggris, kalo pada mobo saya terletak di pojok kanan bawah.

seting audio

Setelah itu berikan centang pada Disable front panel jack detection. Klik ok

Dah, gitu aja solusinya. Semoga bermanfaat.

10 Responses to "Mengatasi Jack Audio Depan tidak Berfungsi Pada PC"

  1. gak ada keluar tuh HD audio Manager di PC saya

    ReplyDelete
  2. mantap, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. mantap,,,berfungsi gan,,,udah lama sy cari cari tutorialnya tp gak dapat dapat. Udah pernah install beberapa realtek audio tapi tdk compatible dengan windows 10 yg gw pakai. setelah instal software 3dpchip yg agan sarankan berhasil temukan realtek yg kompatible dgn windows 10 sy. terimah kasih gan :D

    ReplyDelete
  4. 10 th pake pc ini, dan ternyata solusinya gitu doang dan it's work,.,.,., njirr

    ReplyDelete
  5. makasih bang done... udah lama sya pingin fix masalah pc sayq sampe beli soundcard adaptor T.T

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel