Iklan

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Upgrade CPU Komputer

processor

Upgrade komputer adalah hal yang sangat seru, kamu bisa menambah peforma komputermu. Tentunya lebih cepat dan kuat menjalankan aplikasi atau game yang butuh spek-spek tinggi. Salah satu komponen yang berperngaruh adalah CPU. Komponen ini adalah pusat pemrosesan data dan mengeksekusi perintah dari Operating System. Jika processor lelet tentunya prosesnya lebih lama, sebaliknya jika prosesor bagus maka komputernya juga lebih cepat pula.

Nah bagi kamu yang ingin upgrade CPU. Kamu harus membaca tips ini, jika tidak ingin menyesal nantinya ketika upgrade CPU. Ini adalah murni pengalaman dari saya saat pertama kali upgrade CPU, ada sukanya tapi lebih banyak dukanya. Karna saat itu saya mengalami masalah krusial yang membuat saya rugi jutaan rupiah.

1. Cek PSU

PSU adalah komponen penyuplai daya untuk setiap komponen komputermu. Tapi komponen ini sering disepelekan termasuk saya pada saat itu. Padahal komponen ini adalah yang pertama yang harus kamu perhatikan atau kamu upgrade bila perlu. Karena ternyata merk berpengaruh pada kualitas suplai daya PSU ke Komponen yang otomatis menentukan awet atau tidaknya komponen didalamnya.

Saat itu saya beli langsung CPU bekas AMD A10 7870 harga 1 jutaan, langsung saya pasang di motherboard dengan PSU bawaan Casing bermerk Power Up. Alhasil Processor langsung jadi almarhum begitu pula PSU nya yang meledak akibat gak kuat ngangkat. 

Saya sarankan untuk CPU diatas Dual Core, menggunakan PSU pihak ketiga yang ternama, seperti merek Corsair, DeepCool, Seasonic, FSP, Coller Master dll, hindari merk abal-abal seperti Simbada, Power UP, Xtreme, dan lain-lain.  Karena merk abal-abal tidak bisa menjamin konsistensi daya dan true power yang tertera pada kemasan. Di Kemasan Mungkin tertulis 500 watt tapi kenyataannya 250 watt saja.

Carilah PSU yang memiliki sertifikasi 80+ Bronze, Gold, atau Titanium lebih baik. 80 Plus berarti power suply itu memiliki efisiensi hingga 80% misal dalam kemasan tertera 500 watt kenyatannya kamu akan mendapatkan 400 watt. Tapi bagi prosessor quad core keatas saya sarankan pilih yang merk terkenal untuk menjaga kestabilan daya prosesor dan komponen lainnya.

2. Cek Motherboard

Socket yang pas bukan berarti prosesor itu compatible dengan motherboard ya. Beberapa processor memiliki spesifikasi minimum motherboard. Contohnya AMD memiliki kode chip tertentu yang menentukan support tidaknya suatu seri prosesor AMD. Bagi kamu pengguna amd FM2 + lihat chipset kalian disini https://www.amd.com/en/products/chipsets-fm2plus
Efek yang ditimbulkan jika kalian memiliki chipset yang dibawah recomended pairing dari AMD maka performa CPU akan menurun atau dibawah performa normal, atau istilah kerennya bottle neck. untuk itu pastikan Motherboard kalian cocok sebelum upgrade ke CPU idaman.

3. Jangan beli Processor Bekas

Processor bekas memang murah, tapi kita tidak tahu dalamnya apakah transistornya masih bagus atau tidak. Terkadang digunakan untuk overclock yang dapat mengurangi masa hidup processor itu sendiri. Lebih baik nabung dulu beli baru. Tapi kalau terpaksa beli bekas ya pilihlah yang belum pernah di overclock dan usia dibawah 5 tahun. Periksa kaki-kakinya apakah lengkap atau ada yang patah. Prosesor error itu mudah mendeteksinya, yaitu seringnya blue screen, di komputer apapun windowsnya. 

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Jika komputermu untuk gaming lebih baik beli processor yang bagus sekalian kalau untuk bekerja kantor saja processor dual core sudah cukup. Jika ingin keduanya beli processor diatas 2 jutaan, minimal core i5 atau amd a10. Dipastikan komputermu akan ngebut dan mudah menjalankan berbagai game atau aplikasi 3d.

5. Cek performa komputermu di UserBencmark

Kunjungi situs userbencmark.com download softwarenya untuk mengetes komputermu. Mulai dari CPU, RAM, HardDisk, Motherboard, GPU semuanya akan dites. Dan kamu juga bisa membandingkan dengan pc rakitan user lain disana yang memiliki CPU atau Motherboard yang sama. Supaya kamu bisa tahu komponen mana yang butuh dioptimalkan atau diupgrade.

Demikian tips dan trik dari saya semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin upgrade CPU.


0 Response to "Hal Penting yang Perlu Diperhatikan saat Upgrade CPU Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel