Iklan

Cara Ampuh Mengatasi Blue Screen Kernel Security Check Failure Windows 10

kernel security check failure

Blue screen memang menjadi ikon salah satu operating system windows. Bagaimana tidak error ada makanan windows sehari2, mungkin lebih banyak dari macintosh dari apple. Eror tersebut muncul berupa layar biru mutlak dengan tulisan yang membosankan. Tapi tulisan itu berisi kode error dan beberapa clue untuk mengatasinya. Jika error ini tidak diatasi segera mungkin akan merusak sistem atau hardware komputer anda. Untuk itu dalam postingan ini akan saya bahas cara fixnya tapi untuk blue screen tipe Kernel Security Check Failure, walaupun kadang juga diikuti error IRQL NOT LESS OR EQUAL. Yang saya share ini adalah cara mengatasinya berdasarkan pengalaman saya.

Saya itu saya pakai komputer OS windows 7 berprosesor AMD A10 7870. Prosesor itu baru saya dapatkan bekas untuk upgrade pc. Sejak itu pc saya langsung mati karena ternyata psu gak kuat, Setelah ganti PSU, pc saya sering blue screen pakai windows 7. Saya instal driver sana sini juga masih blue screen. Gak sering, blue screen cuma terjadi sekitar 3 kali dalam 2 jam. Saya coba upgrade ke windows 10, saya kira windows 10 lebih cocok untuk processor ini,  Ternyata memang semakin jarang, tapi masih ada blue screen lagi, sekitar 2 jam sekali berjudul Kernel Security Check Failure dan terkadang IRQL NOT LESS OR EQUAL. Saya hampir gila, hehe dan cerita troubleshoting Windows 10 dimulai disini.

1. Pastikan Driver Chip Motherboard dan CPU compatible dengan windows 10

Driver adalah jembatan antara hardware dan software, tanpa driver yang pas dipastikan sistem tidak akan berjalan dengan mulus. Ketika kamu upgrade windows 10 dari windows 7 atau xp. Mending download dulu drivernya drivernya dari website aslinya terutama driver motherboard lebih baik lagi dengan driver cpunya, jangan lupa yang versi windows 10 ya... Saya pernah mengalami koneksi terputus-terus menerus saat menggunakan wifi adapter saya telisik ternyata gak support windows 10. Untuk itu jangan lupa cek hardwaremu apakah masih kompatible dengan windows 10 atau tidak.
Jika kamu tidak mau repot gunakan saja software 3DP chip, untuk mendeteksi driver, download dan instal otomatis.

2. Cek Hardware

Hardware memang sangat berpengaruh, jika driver semua sudah work properly, sudah bisa dipastikan ada salah satu hardwaremu yang mengalami masalah. Entah itu RAM, CPU, Motherboard, atau Hardisk, dll. Silahkan coba trouble shoot sendiri, dengan cara melepas atau mengganti salah satu komponen diatas. Fenomena ini sudah saya alami sendiri, ternyata penyebab blue screen selama ini adalah CPU yang rusak. CPU bekas yang saya beli ternyata rusak, mungkin karena psu yang abal-abal. Sehingga menyebabkan blue screen dimana-mana.

3. Tanyakan ke Microsoft Community

Jika kamu strees dan hampir putus asa, coba tanyakan ke microsoft community. Pastikan kamu menanyakannya dalam bahasa inggris. Orang-orang disini sangat responsive, biasanya akan dijawab dalam beberapa menit setelah kamu post pertanyaanmu. Sebagian besar untuk menyelesaikan masalah blue screen, mereka akan memintamu untuk membagikan dumpfile untuk mereka cek, tp jangan kawatir mereka juga akan memberimu cara mencari dan membagikan dumpfile itu ke microsoft community.

Demikian sharing yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Blue Screen Kernel Security Check Failure Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel