Iklan

Cara Membuat Efek Vektor Cat Air di Illustrator

bunga cat air
Hasil cat air dengan adobe illustrator

Cat air merupakan teknik pewarnaan yang wajar digunakan bagi para pelukis yang melukis diatas kanvas. Teknik ini menggunakan cat dan di campur air sebagai bahan pewarnaan, lalu menyapukannya diatas kanvas dengan menggunakan kuas. Hasil lukisannya pun ditentukan kelihaian sang seniman dalam menyapukan ke dalam kuas.

Secara tradisional cat air memang sangat mudah dilakukan dan merupakan hal yang biasa. Tapi bayangkan jika kalian melakukan teknik pewarnaan cat air secara digital. Tentunya sangat tidak mungkin menguaskan air kedalam layar monitor. Itu tindakan koyol yang bisa merusak monitor.

Maksud dari pewarnaan cat air secara digital tidak lah demikian. Tapi seperti biasa, kalian hanya menyapukan kuas digital dengan menggunakan mouse, atau pen tablet lebih baik. Salah satu software yang mendukung efek pewarnaan cat air ini adalah Illustrator. Software yang terkenal untuk membuat vektor, ternyata bisa untuk pewarnaan digital juga.

Jika kalian sering menggunakan software ini kalian tentu tidak asing dengan tool Brush, nah tool ini lah pengganti kuas di dunia nyata. Dengan tool ini kalian bisa dengan mudah menyapukan cat air digital ke kanvas digital juga. Tapi dengan hasil yang tidak kalah dengan pewarnaan nyata. Kembali lagi tergantung kelihaian kalian dalam mengendalikan dan mengkombinasikan tool-tool yang ada pada software Illustrator ini.

Bagi saya kelebihan dari teknik pewarnaan cat air digital adalah jika sapuan kuas salah bisa digeser. Jadi gak usah khawatir kecoret dsb, karena masih bisa di edit dan di undo. hehe...

Cara Membuat Efek Brush Cat Air

Ingin tahu caranya, langsung saja simak penjelasan dibawah ini.
  1. Buka Illustrator, Buat Kanvas baru (File > New > tentukan ukuran kanfas dan ok)
  2. Silahkan klik menu Window dan lihat Brush sudah diaktifkan (ditandai dengan tanda centang di sampingya), jika belum silahkan di klik atau tekan shortcut F5.
  3. Cari jendela Brush, lalu klik ikon library di pojok kiri bawah window Brush, lalu klik Artistic >  Artistic_Watercolor
    brush
  4.  Jika sudah, akan muncul window yang berisi list atau daftar brush cat air. 
    watercolor
  5. Sekarang, kamu bisa memainkan brush tersebut menggunakan brush tool, jangan lupa menggunakan warna outline ya bukan fill. Yang perlu dimainkan dalam pewarnaan cat air adalah Opacity, Blending, Stroke Width, dan kelihaian kamu mengklik geser mouse supaya menghasilkan gambar yang sesuai.
  6. Kamu bisa tonton tutorial dibawh ini untuk belajar membuat bunga dengan teknik cat air di illustrator.



Baca juga Cara Convert File Banyak di Illustrator dengan Action Script

0 Response to "Cara Membuat Efek Vektor Cat Air di Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel