Cara Membuat Pesawat Kertas yang Bisa Terbang Jauh

Siapa yang dulu saat kecil gak pernah main ini, pasti masa kecilnya kurang bahagia. Pesawat kertas merupakan mainan yang umumnya dimainkan oleh anak-anak terutama yang lahir tahun 90-an atau abad ke 21. Maklum kala itu belum ada gadget secanggih sekarang, paling bagus mungkin ps2 yang mungkin hanya dimiliki kaum menengah ke atas. Bagi kaum gembel seperti saya, dengan kertas cukup untuk buat mainan, baik itu mobil, mobilan, kapal-kapalan atau pesawat-pesawatan.

Tentunya dengan origami kita bisa mewujudkan mainan itu, permainan ini diturunkan turun-temurun dari kakak dan keluarga. Dari berbagai jenis origami yang menurut saya paling seru adalah pesawat pesawatan. Dulu ketika pekarangan belakang rumah masih luas, saya selalu menyempatkan waktu untuk main pesawat-pesawatan bersama teman-teman. Sangat menyenangkan, melihat kertas terbang dan jatuh, walau pontang-panting mengambil kertas, itu tidak terasa melelahkan malah memperkuat tubuh karena auto olahraga.

Dulu saya hanya mengenal 2 tipe pesawat yakni pesawat biasa dan pesawat garuda yang sayapnya lebar. Supaya terbang jauh biasanya pesawat kita gosok-gosokkan ke dinding atau kita tekuk sedikit sayapnya atau diberi ekor bagian pinggirnya dengan menyobek  dan menekuk bagian belakang pesawat. Setelah beranjak dewasa saya mengetahui berita bahwa ternyata ada teknik origami pesawat yang mampu menempuh jarak puluhan meter. Pesawat ini memiliki teknik melipat kertas yang berbeda dan teknik ini berhasil memecahkan rekor Guinness Book of World Records pesawat kertas dengan jarak terbang terjauh yakni sejauh 69,14 meter. Dia adalah Joe Ayoob dan John M. Collins sebagai desainer pesawat, mereka berasal dari Amerika.

Pesawat pemecah rekor ini hanya mengandalkan selembar kertas a4 tanpa dipotong. Benar-benar hebat ya. Jika kamu ingin membuat pesawat ini, yuk langsung saja simak diagram dibawah ini dengan saksama.

1. Tekuk kertas diagonal

pesawat kertas

2. Tekuk diagonal juga sisi lainnya

diagonal kertas

3. Gunakan garis diagonal tadi sebagai patokan menekuk

pesawat kertas

4. Begitu juga sebaliknya

kertas

5. Lipat kebawah bagian pucuk kertas

pucuk kertas

6. Lipat bagian ujung kiri kanan hingga simetris

pesawat kertas

7. Lipat bagian kecil bagian bawah untuk mengunci

pesawat kertas

8. Lipat bagian tengah sehingga menjadi 2 sisi

lipat kertas

9. Buat lipatan untuk bagian sayapnya

sayap

10. Tara! pesawat sudah jadi

pesawat

11. Tekuk sedikit bagian pucuk belakang ke arah atas supaya terbang lebih lama

pucuk kertas

Demikian cara pembuatan pesawat terbang pemecah rekor dunia, selamat mencoba!!!

0 Response to "Cara Membuat Pesawat Kertas yang Bisa Terbang Jauh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel