Cara Mengubah Color Mode CMYK/RGB Adobe Illustrator

cmtk

Illustrator merupakan softare desain yang sangat bagus untuk membuat desain vektor, karena lebih enteng ketimbang corel, tidak mudah crash, dan tool-toolnya sangat lengkap. Bagi kamu yang masih baru bekerja dengan AI pastinya muncul pertanyaan pertanyaan sepele yang sebenarnya mudah untuk dipecahkan. Salah satunya adalah cara mengubah color mode ke CMYK atau RGB. Sering kita melupakan sesuatu yang sepertinya tidak penting ini, padahal secara teori dan kenyataannya pemilihan Color Mode sangat penting untuk mendapatkan warna yang konsisten dan sesuai kebutuhan.


Sebelum mengetahui lebih jauh, marilah kita tengok dahulu apa itu perbedaan CMYK dan RGB.
CMYK adalah kepanjangan dari Cyan Magenta Yellow blacK, merupakan warna dasar yang mengisi setiap tinta di mesin printer. Jadi hasil warna mungkin agak sedikit gelap dan tidak secerah color mode RGB.
RGB adalah kepanjangan dari Red Green Blue, jadi kombinasi warna itu akan menghasilkan warna-warna lain. Bisa diamati pada layar lcd kalian, jika di zoom dengan kaca pembesar akan terlihat lampu kecil berwarna merah biru dan hijau. Karena berasal dari lampu sehingga, warna yang dihasilkan lebih cerah dan tajam dan menyala. Seperti gambar dibawah ini.

Sudah jelas kan perbedaan antar keduanya, untuk itu pengetahuan ini amat penting untuk disadari para desainer grafis untuk tidak seenaknya menset color mode rgb pada media cetak, karna hasilnya mungkin akan sangat berbeda dan konsumen akan kecewa.

Sekarang kita siap untuk mengetahui cara menset Color Mode di Illustrator. Caranya mudah, buka AI lalu pilih File > Document Color Mode > (pilih RGB/CMYK). Jika kamu pilih RGB dari dokumen kamu yang sebelumnya CMYK maka akan terlihaat jelas perbedaannya pada semua objek di artwork termasuk pallet warna. Coba aktifkan palet warna RGB dan ubah document color mode-nya maka kamu bisa melihat jelas perbedaannya.
Kamu juga bisa tetap menggunakan Color Mode RGB dan mengecek warna hasil cetak dengan mencentang opsi Proof Color di menu View.

Sekarang sudah paham kan, yuk langsung cus lanjutin desain kamu,..

Baca juga Cara membuat banner di Illustrator

0 Response to "Cara Mengubah Color Mode CMYK/RGB Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel