Cara Mengubah Unit ke CM di Adobe Illustrator

Unit adalah satuan ukuran yang vital dalam dunia desain, dan akan menjadi masalah bila kita tidak tahu cara mengganti unit dalam sebuah software desain grafis, baik itu ke cm, m, pt, px, dll. Adapun jika di software Adobe Illustrator ada 6 unit yang bisa diaplikasikan, yakni Point, Picas, Inches, Milimeters, Centimeters, Pixels. Dari beberapa unit itu kita bisa pilih salah satu yang paling cocok diaplikasikan pada desain kita, jika kita membuat banner pastinya bukan menggunakan unit pixel tapi cm biar mudah pengaturannya. Nah sebagian orang mungkin masih bingung cara mengubah unit ini di Adobe Illustrator. Padahal jika ditelisik lebih dalam, caranya sangat mudah. Ingin tahu caranya? langsung saja ikuti penjelasan saya dibawah ini.


1. Mengganti unit sebelum membuat artwork baru. Pada bagian unit, klik drowpdown pixel dan akan muncul menu unit lain, pilih salah satu. Lihat gambar dibawah ini.

new file

2. Mengganti unit sesudah membuat artwork atau setelah membuka desain yang sudah jadi. Langsung saja pilih File > Document Setup... atau dengan shortcut alt+ctrl+p Lalu amati di bagian Bleed and View Options akan ada drop down unit seperti di langkah satu. Lihat gambar dibawah ini.

document setup

3. Dah itu aja cara yang saya tahu untuk mengganti unit ke unit ukuran lain di illustrator. Akhir kata selamat mendesain.

Baca juga Cara Align Objek yang Benar di Illustrator

0 Response to "Cara Mengubah Unit ke CM di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel