Cara Mengatasi Warna Hasil Export Berbeda di Corel Draw

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami warna hasil eksport yang berbeda dari software corel draw. Pengalaman ini membuat kita jengkel dan kesal apalagi ini adalah proyek krusial yang harus selesai dengan hasil yang sempurna. Masalah ini persis seperi masalah yang saya posting sebelumnya Cara Mengubah Color Mode di Illustrator, tapi sekarang masalah ini terjadi di Corel Draw, salah satu software populer dalam dunia desain Indonesia. Jika kalian menemui masalah ini terutama saat ekspor ke bitmap berformat jpg atau png itu adalah masalah yang berkenaan dengan color mode yang berbeda dari software tersebut. Mungkin Anda pernah mengalami seperti ini, ketika anda membuka gambar hasil ekspor di browser mungkin sangat berbeda dengan hasil di software atau di explorer. Atau hasil yang berbeda bila dibuka di layar hp.


Itu adalah masalah color mode yang kalian gunakan, saran saya cukup simple. Ketika desainmu ingin ditunjukkan dalam layar sebaiknya kalian export bitmap itu ke dalam mode RGB di Corel sudah ada menunya akan muncul setelah kamu klik save di lokasi yang kamu tentukan. Lihat gambar dibawah ini.


Perbedaan warna biasa terjadi ketika desain kita bercampur color mode RGB dan CMYK, RGB biasa berasal dari gambar yang kita download di internet, dan bercampur dengan Pallet CMYK di Corel yang kita gunakan. Sehingga warnanya gak match.

Saya sarankan untuk selalu menggunakan mode CMYK saat membuat desain terutama yang akan dicetak atau di print. Jika kalian ambil gambar dari internet jangan lupa convert to bitmap lagi (Bitmap > Convert to Bitmap...) dengan color mode CMYK dan resolusi 300dpi sehingga tidak terjadi lagi perbedaan gamut warna atau overprint color.

Demikian pencerahan singkat kali ini semoga bermanfaat bagi kalian pengguna Corel Draw.....

Baca juga Cara Membuat Sudut Tumpul di Corel Draw

0 Response to "Cara Mengatasi Warna Hasil Export Berbeda di Corel Draw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel