Cara Paling Mudah Berpartisipasi Melawan Perubahan Iklim / Global Warming

polar bear

Perubahan iklim itu nyata, sudah banyak ilmuwan yang memeperingatkan pemerintah akan kemungkiinan peningkatan suhu Bumi akibat peningkatan Karbon Dioksida (CO2) di atmosfer. Peningkatan ini disebabkan oleh aktifitas manusia yang terlalu banyak membakar bahan bakar fosil, seperti minyak dan batu bara. Gas-gas ini bukan hanya CO2, tapi gas metan, ozon, dan N2O, yang disebut gas rumah kaca. Tapi sejak revolusi industri tahun 1850 kadar CO2 di atmosfer semakin memprihatinkan, dengan laju peningkatan yang signifikan. Kamu bisa melihat grafik garis CO2 secara langsung di website ini https://www.co2levels.org/.

Kamu mungkin akan terkejut betapa tingginya kadar CO2 beberapa dekade terakhir. Karena semakin banyak kendaraan dan pabrik2 yang membuang karbon di atmosfer. Jika kita hanya berdiam diri dan melakukan kegiatan seperti biasa, bukan tidak mungkin, 100 tahun lagi Bumi akan kiamat, semua spesies akan mati, termasuk manusia. Menurut ilmuwan kita sedang menuju kepunahan massal ke 6, yang disebabkan oleh spesies homo sapiens alias manusia.

Banyak organisasi-organisasi yang peduli terhadap masa depan planet Bumi, tapi lebih banyak lagi yang tidak peduli. Karena kita semua fokus untuk mencari uang sebanyak-banyaknya dan tidak mempedulikan apakah uang itu bisa menyebabkan perusakan lingkungan atau tidak. Inilah kelemahan manusia yang harus kita waspadai. Seperti yang dikatakan Prince EA dalam video ini, "Menjadi pintar itu baik, tapi kita tidak terlalu pintar untuk kebaikan kita sendiri"


Seharusnya dari video diatas, kita tersadarkan betapa rakusnya manusia, betapa berbahayanya spesies homo sapiens bagi planet Bumi. Manusia akan menjadi satu-satunya spesies yang mampu menghancurkan Bumi dalam waktu 3 detik. Penyebabnya adalah hilangnya koneksi kita dengan alam, kita terlalu berpaku pada realitas fiksi yang kita ciptakan sendiri dan mengabaikan realitas objektif yang sebenarnya ada secara nyata.

Jika kalian ingin berpartisipasi dan ingin mencintai alam apa adanya, berikut beberapa tindakan kecil yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menggunakan Search Engine Ecosia

Ecosia.org merupakan search engine ramah lingkungan, yang berkomitmen untuk melakukan reboisasi besar-besaran di planet Bumi, Karena kita tahu pohon adalah salah satu penyerap CO2 alami, semakin banyak pohon, gas emisi karbon semakin berkurang. Inilah yang sekarang digalakkan organisasi-organisasi lingkungan. Salah satunya adalah mesin pencarian Ecosia, Setiap pencarian web yang dilakukan di Ecosia.org kita sama saja membantu menanam pohon. 

Kamu bisa dianggap menanam satu pohon setelah melakukan 45 kali pencarian. Walaupun hasil penelusurannya berbeda dengan Google, karena mesin pencari ini menggunakan mesin dari Bing. Lebih baik buat ecosia menjadi mesin pencari default perambanmu, dan google sebagi alternatif demi keslamatan kita bersama di masa depan. Berikut ini peta penanaman pohon yang dilakukan Ecosia, dan Indonesia termasuk salah satu yang sedang direboisasi. 


Buruan jadikan Ecosia.org menjadi search engine default di perambanmu. Kita sama saja membantu penghijauan di negara kita sendiri. Cukup dengan internetan kita bisa menanam pohon tanpa repot panas-panasan atau membeli tanaman, biji bijian, pupuk dll. Lalu bagaimana cara kerja ecosia, kamu bisa baca sendiri di halaman ini How Ecosia Works.
Intinya 80% penghasilan iklan yang muncul ketika kamu mengetikkan kata kunci akan didonasikan bagi organisasi penghijauan yang bekerjasama dengan Ecosia. Perhitungannya juga transparan, setiap minggu akan ditunjukkan laporan keuangan. Jadi tidak usah khawatir dikorupsi, ayo tunggu apalagi, selamatkan duniamu sekarang sebelum terlambat, ini adalah cara palling simpel dan mudah.

2. Mematikan peralatan elektronik saat tidak dipakai

Peralatan elektronik membutuhkan energi listrik untuk menyala, sedangkan sebagian besar energi listrik yang kita pakai berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara, yang tentunya berkontribusi besar dalam memompa gas karbon dioksida di atmosfer. Salah satu cara sederhana adalah dengan mematikan berbagai alat elektronik saat tidak digunakan. Misalnya mematikan tv saat tidak ada yang menonton atau mematikan semua lampu saat tidur di malam hari.

3. Menggunakan sedikit air

Air juga menggunakan energi listrik untuk memompa dari tanah atau memfilter supaya siap diminum. Kamu juga pasti pernah mengalami saat listrik mati air pdam juga ikut mati, karena mereka juga memompa dengan listrik. Sehingga jika kita menggunkan sedikit air, secara tidak langung kita mengurangi gas emisi kita sendiri.

4. Mengurangi bepergian menggunakan mobil atau kendaraan bermotor

Sudah jelas, dan kita bisa merasakan sendiri polusi yang dihasilkan alat transportasi yang satu ini. Walaupun pak jokowi sudah meremsikan motor Gesit sebagai motor listrik nasional, namun harganya di pasaran masih lebih mahal daripada motor matic. Jika kalian tidak mampu membeli motor/mobil listrik, satu satunya jalan untuk mengurangi karbon dioksida adalah dengan mengurangi pemakaian kendaraan itu sendiri. Lebih baik mengggunakan sepeda atau jalan kaki saat menuju ke tempat kerja.

5. Memasang PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

Pembangkit listrik tenaga surya merupakan pembangkit listrik yang mengandalkan energi dari cahaya matahari. Kita bisa memasang blok-blok panel surya diatas genteng, dan menjadikannya sumber listrik utama rumah. Rata rata jasa pemasangan panel surya berkisar 10-20 juta, tergantung watt yang diinginkan. Jika kamu punya PLTS sendiri dirumah, tidak usah khawatir lagi menyalakan lampu terlalu lama atau nonton tv terlalu lama karena energinya berasal dari energi non polusi dan bebas emisi rumah kaca.

0 Response to "Cara Paling Mudah Berpartisipasi Melawan Perubahan Iklim / Global Warming"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel