Cara Mengatasi Entry di Report 99designs

reported generic design

Jika kamu salah satu freelancer 99designs, pastinya pernah dong yang namanya di report. Entah karena tak sengaja mencuri desain lain, atau submit logo stock, atau generic. Tentunya ini hal yang sangat mengesalkan, terlebih bila entri kita dibintang 5, dan beraroma kemenangan. Sayangnya entah mengapa identitas pelapor tidak ditampilkan, mungkin jika ditampilkan akan memicu permusuhan antar desainer kali ya. Kalo direport, entah mengapa rasanya penasaran sekali siapa akun pelapornya, tapi kita ada di komunitas 99design, sudah selayaknya kita mematuhi aturan yang ada.

Selain kekecewaan pastinya ada ketakutan lain, yaitu takut dibanned atau suspended. Itu semua cukup wajar bagi yang pertamakali terkena report. Namun kamu tidak usah khawatir, disana kita akan diberi 2 opsi, namun sebelum melakukan tindakan, kamu wajib membaca designer code of conduct dengan saksama, berikut akan saya terangkan poin-poin penting yang harus kamu perhatikan dari code of conduct.

1. Menghargai Komunitas 99designs, kita diajak untuk menghargai sesama komunitas, karena diantaranya banyak yang berbeda pendapat, 99designs telah memberikan aturan-aturan tertentu yang apabila kamu menlanggar akan disuspen atau dibanned.

2. Menghormati Semua Komunitas, kita tidak boleh memprovokasi, dan berlaku agresif, menyerang salah satu atau lebih desainer lain. Jika kita mengetahui perilaku tersebut diharapkan untuk melaporkannya menggunakan fasilitas report.

3. Pastikan karya original, menjiplak sebagian atau lebih karya dari luar 99design atau mencontoh dari sesama desainer, tidak akan ditolerir oleh pihak 99designs, jika menggunakannya kita harus mencantumkan sumber aslinya.

4. Bersaing dengan adil dan jujur, kita tidak boleh berlaku memperngaruhi CH untuk memilih desain kita baik itu dari dalam komunitas atau melalui hubungan di luar komunitas. Seperti mengkritik desainner lain dalam komentar privat dengan ch.

Jika kamu tidak melanggar salah satu dari poin yang saya sebutkan diatas maka kamu tidak perlu takut jika di report, disana akan ada 2 opsi, yaitu withdraw dan challenge.

Withdraw! Jika sekiranya kamu merasa melanggar poin-poin diatas, maka sebaiknya desainmu kamu withdraw supaya tidak terkena konsekwensi suspend atau banned.

Challenge! Jika kamu tidak melanggar sebaiknya kamu memilih opsi ini, tapi kamu harus utarakan alasan mengapa desainmu tidak melanggar secara sopan.

Jujur saya sendiri juga sering terkena report, baik itu karna tak sengaja mengcopy hasil desainer lain atau membuat desain yang generic. Tapi jika desain generic yang saya buat direport, saya cukup berani mengajukan challenge, dengan menguatrakan ide sebenarnya yang membuatnya mirip logo generic. Kamu juga bisa chalenge bila logo itu merupakan perintah dari ch, sehingga itu bukan dari kesalahan kita.

Demikian cara menghadapi entri kita yang direport, semoga jika kalian dapat semakin mampu menentukan tindakan yang tepat ketika menemui situasi ini.
Selamat mendesain...!

Baca juga Pengalaman Mendapatkan 300+ Juta dari 99designs

0 Response to "Cara Mengatasi Entry di Report 99designs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel