Cara Membuat Makanan Kucing yang Mudah dan Menyehatkan



Bagi Anda yang punya kucing baik kucing nemu (kucing jalanan tanpa majikan) atau kucing dari tetangga, tentu pernah terpikirkan bagaimana cara membuat makanan kucing. Apalagi tidak ada petshop terdekat, atau toko yang menjual pakan kucing. Hal ini biasa terjadi bila daerah anda ada di pedalaman, pedesaan atau di lereng gunung terpencil. Sangat sulit mencari penjual makanan kucing disana, untuk itu akan saya bagikan cara mudah membuat makanan kucing yang pastinya kucing suka dan menyehatkan. Makanan ini mudah dibuat dan bahannya dari makanan manusia juga, jadi apa adanya, namun kucing suka.

Yang pertama perlu anda siapkan adalah plastik, carilah plastik baik itu kresek, atau plastik kemasan lain yang bersifat lemas untuk alas dan supaya tangan kita tidak kotor. Setelah itu ambil setengah entong nasi taruh diatas plastik tadi, tapi nasi yang udah tanek ya, tidak becek dan kenyal. Setelah itu cari lauk pauk yang tersedia, misalnya anda tadi siang membuat sayur dan lauk pauk berupa ikan pindang / lele / daging ayam / gereh / tempe. Usahakan pilih yang lauk hewani, seperti ikan, telur atau daging. Jika tidak ada tempe pun bisa jadi alternatif, karena rasanya juga seperti daging, jika tidak ada lauk pauk apapun kamu bisa langsung loncat ke paragraf akhir artikel ini.

Jika sudah ketemu lauk-pauk yang cocok untuk si kucing, sekarang waktunya menggilingnya atau menguletnya. Caranya pun mudah tidak usah pakai blender, cukup pakai telapak tangan anda. Taruh lauk pauk tadi di atas nasi yang anda taruh dalam plastik, secukupnya saja dengan perbandingan 1 : 1. Lalu pencet-pencet seperti anda sedang membuat adonan roti, usahakan semuanya tercampur dan merata sehingga tidak terlihat terlalu banyak nasi. Pastikan ikan atau daging yang anda masukkan tadi dapat halus tercampur jika kesulitan, sebaikknya sebelumnya dipotong kecil-kecil dulu biar mudah mencampurnya.

Jika adonan tadi sudah jadi tinggal langsung aja kasih ke kucingnya. Taruh di dekat kucing dengan alas plastik untuk menggiling tadi. Apakah mau atau tidak? kalau tidak mau, berarti adonan anda belum tercampur sempurnya sehingga kucing membaui nasinya saja bukan daginnya. Jika nasi menyatu maka rasa nasi akan berubah menjadi enak bagi kucing dan kucing juga akan memakan nasinya.

Ini adalah paragraf yang terakhir, untuk menjelaskan cara bagimana jika tidak punya lauk pauk dan hanya modal nasi saja. Caranya cukup mudah asal anda punya perasa makanan daging, misalnya Masako, Royko, atau sejenisya. Taburkan diatas nasi dalam plastik tadi, taburkan sedikit saja sekitar setengah sendok teh jika nasinya satu sendok makan. Lalu ratakan adonan tadi dengan menguletnya dengan tangan anda, pencet-pencet sampai bumbu merata, jika kurang taburkan lagi di permukaannya, tapi jangan terlalu banyak karena kucing tidak terlalu suka asin. Jika serasa sudah langsung saja hidangkan ke kucing apakah dia mau makan atau tidak? Jika tidak mau mungkin si kucing lagi sakit atau tidak nafsu makan. Cara yang terakhir ini hanya cocok untuk keadaan darurat saja bukan untuk makanan sehari-hari kucing, nanti kucing bisa muntah dan kurang gizi.

Demikian tips memberikan makanan kucing alakadarnya yang sangat berguna untuk mengganjal perut si kucing.

Baca juga Cara Mengatasi Internet yang Lemot

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel