Adsense

Warna dan Font Terbaik untuk Industri Retail

Industri retail

Pernah kamu tiba-tiba ingin makan burger saat berkendara melewati Mc Donalds? Atau membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kamu butuhkan di department store atau toko retail? Bisa jadi Ini karena pengaruh warna dan font lho.

Bukan magic kok, karena faktanya, warna memang dapat mempengaruhi bagaimana seseorang bereaksi termasuk juga dapat merangsang seseorang untuk melakukan tindakan pembelian. Tanpa disadari, kehadiran warna sangatlah penting bagi sebuah merek di industri retail, karena berdampak langsung pada penjualan. Dikombinasikan dengan font yang tepat, akan dapat memengaruhi persepsi pelanggan terhadap merek retailmu.

Nah agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas warna dan font yang tepat untuk bisnis retailmu. Tanpa basa-basi, mari baca artikel sampai habis ya!

Warna Terbaik untuk Industri Retail

Merek industri ritel biasanya menggunakan warna yang lebih hidup namun kuat sebagai cara untuk tampil menonjol. Dalam dunia desain, warna memiliki dua tujuan, yaitu untuk membantu menyampaikan pesan merek dan meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan.

Mengingat tujuan utama dari setiap merek di industri ritel adalah meninggalkan kesan yang kuat dan bertahan lama pada konsumen, dan warna yang berani yakni merah, oranye, kuning, dan hijau ini mampu mewujudkannya.

Sebenarnya tidak ada aturan baku warna yang harus digunakan oleh perusahaan ritel, tetapi warna-warna cerah seperti merah, oranye, kuning, dan hijau sering kali menjadi warna pilihan. Mengacu pada psikologi warna, warna tersebut memiliki makna sebagai beikut.

  • Merah

Warna-warna seperti merah mengasosiasikan merek di industri retail dengan kekuatan, optimisme, dinamis dan kepercayaan diri.

  • Oranye

Seperti dikutip dari buku Seni Sukses, Meltem Toker, 2022, warna orange adalah simbol dari petualangan, optimisme dan kemampuan bersosialisasi. Dapat juga melambangkan sikap percaya diri karena identik dengan sebuah kreativitas.

Tidak heran bila warna orange membuat merek di industri retail terkesan hangat dan kuat. Kesan hangat dari arti warna orange inilah yang dapat menarik perhatian konsumen.

  • Kuning

Warna kuning mengasosiasikan merek di industri retail dengan keceriaan, kebahagiaan, dan rasa optimis.

  • Hijau

Jika mencari warna yang mengekspresikan keamanan, keberuntungan, keseimbangan, dan kesuksesan dari sebuah merek retail, hijau adalah warna yang tepat.

sebagai tambahan, warna biru atau hitam sering dipasangkan dengan warna-warna diatas untuk menciptakan kontras. Secara umum, industri retail juga cenderung lebih banyak menggunakan hue dan tint daripada tone dan shade .

Warna yang Sebaiknya Dihindari

Abu-abu hampir tidak pernah menjadi warna pilihan dalam visual industri ritel. Warnanya yang tidak mencolok mengekspresikan kurangnya kepercayaan diri.

Font Terbaik untuk Industri Retail

Font dianggap sebagai 'wajah' merek di industri ritel. Ini karena jika pelanggan tidak dapat membaca pesan dengan jelas, mereka mungkin akan melewatkan begitu saja. Pastinya kamu tak ingin hal ini tejadi, kan? 

Jadi, saat diterapkan ke berbagai media visual, seperti faktur, stempel, akrilik, spanduk, dan header situs web, font harus dapat dibaca dan sehingga mampu mengkomunikasikan identitas merek kepada pelanggan.

Adapun font yang cocok untuk retail, yaitu:

  • Sans Serif seperti Helvetica, Muli, dan Futura cocok untuk headline.
  • Asap, Karla, dan Nunito untuk sub judul dan teks isi karena mudah dibaca.

Jika ingin bereksperimen dengan tipografi, kamu bisa mencoba memasangkan font Serif dengan Sans Serif. Font serif (misalnya Arapey dan Playfair) sedangkan font Sans Serif (misalnya Arvo) dapat digunakan sebagian untuk judul atau tajuk utama.

Duo klasik ini saling melengkapi dengan baik dan dapat menambahkan kontras yang bagus dan menciptakan ketertarikan visual. Namun, yang perlu diingat font Serif umumnya tidak direkomendasikan untuk teks isi karena memberikan kesan klasik dan tradisional.

Tampilan Modern pada Warna dan Font pada Logo

warby parker logo
Source: hightidenyc.com

Merek retail seperti Warby Parker dan Thinx memancarkan kesederhanaan dan keabadian lewat logonya dengan menggunakan font warna hitam sederhana dan ruang putih yang bagus.

Sementara itu, logo merek ThreadBeast mungkin menggunakan warna tunggal yakni putih, tetapi diimbangi dengan font sambung/latin yang terlihat seperti ditenun dari seutas benang. Dalam hal ini, font logo tersebut menggambarkan identitas dari produk yang dijual, yakni pakaian.

Desain logo lain yang menjadi tren populer di ritel yaitu logo yang seolah digambar tangan, sehingga menggambarkan kepribadian unik ke dalam setiap merek. Alternatif lainnya adalah logo dengan nuansa retro atau vintage yang mengingatkan kembali pada 'masa lalu yang indah.' Logo semacam ini mencerminkan kepribadian dan daya tarik merek.

Dengan membaca artikel ini, semoga sudah tidak bingung lagi menentukan ya warna dan font terbaik yang cocok untuk industri retail. Namun, jika kamu membutuhkan bantuan desain grafis professional untuk menerapkan warna pada desainmu. Atau mungkin butuh untuk sekalian dibuatkan desainnya dari 0 agar sesuai dengan visi misi brand mu.

MAS VIAN desain grafis profesional dan terpercaya dengan senang hati akan membantu membuatkan desain terbaik untuk bisnis retailmu. Mulai dari memberikan ide dan saran terbaik untuk desain hingga menciptakan desain original yang terkonsep. Pokoknya kamu tinggal terima beres.

Kamu tak perlu meragukan hasilnya. Untuk menjamin kualitas, dapatkan garansi ‘revisi tanpa batas ( unlimited revision )’. Semua bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, lho. Jadi tunggu apalagi? Order sekarang juga dengan klik disini

0 Response to "Warna dan Font Terbaik untuk Industri Retail"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel