Adsense

10 Rekomendasi Warna yang Menarik untuk Kemasan Kecantikan

produk kecantikan
Designed by Freepik.com

Tahukah kamu? Warna menjadi salah satu elemen visual penting pada sebuah desain kemasan produk kecantikan, lho. Bukan tanpa alasan ya.

Ini karena warna mampu mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan dari merek produk kecantikan kepada para wanita. Dimana seperti kita tahu wanita adalah konsumen dari produk kecantikan.

Menurut Art Work Flow, lebih dari 90% konsumen mengatakan bahwa mereka mempertimbangkan aspek visual kemasan produk saat membeli produk tertentu. Lebih dari 80% setuju bahwa warna kemasan produk merupakan faktor penting. Ini juga berlaku untuk produk kecantikan.

Warna membantu dalam menciptakan identitas merek dan membantu dalam pencitraan visual. Selain itu, mengutip dari laman DIY Skincare Business, data statistik menunjukkan:

  • 90% kesan awal dipengaruhi oleh warna.
  • 93% pembeli hanya berfokus pada tampilan visual saat mereka mempertimbangkan untuk membeli.

Nah, melihat bagitu pentingnya warna pada kemasan produk kecantikan sebagaimana penjelasan diatas, maka pada artikel kali ini akan membahas warna terbaik untuk kemasan produk kecantikan yang dapat menarik perhatian wanita.

Putih

Meskipun terlihat konservatif, kemasan kosmetik dengan kemasan putih mengomunikasikan kemurnian dan keamanan. Contohnya adalah seluruh jajaran produk Dove, Johnson & Johnson dan The Ordinary.

Hitam

Hitam melambangkan kekuatan, kontrol dan otoritas. Saat digunakan sebagai warna kemasan, warna hitam cenderung menonjol serta membuat produk tampak lebih berat dan lebih mewah.

Kamu dapat menambahkan label warna emas atau perak untuk menciptakan kesan anggun sekaligus canggih. Cocok untuk menarik audiens menengah keatas. Sementara menambahkan warna sekunder seperti merah mampu menciptakan kesan dewasa atau sensual.

Untuk menarik perhatian konsumen wanita bisa mengkombinasikannya warna pastel yang lebih lembut digunakan, sedangkan fuchsia atau magenta membuat kemasan berwarna hitam terlihat lebih tidak biasa dan menarik bagi konsumen dari kalangan berusia muda yang cenderung lebih kreatif. Prinsipnya, semakin cerah rona, semakin tidak serius pesannya.

Biru

Warna biru menjadi warna "paling aman" untuk digunakan. Dengan menambahkan tekstur dan sentuhan dekoratif akan membuat produk lebih menonjol. Biru tua lebih cocok untuk konsumen yang lebih tua, sedangkan warna biru elektrik yang cerah menarik bagi konsumen yang lebih muda.

Menurut psikologi warna, biru melambangkan kejujuran dan ketergantungan, kekuatan dan harmoni. Jadi saat digunakan dalam kemasan produk kecantikan, itu mengkomunikasikan keefektifan dan keandalan produk.

Semakin gelap kemasan birunya, produk tersebut akan dianggap lebih profesional, serius, dan konservatif. Semakin terang kemasan birunya, produk tersebut akan dianggap semakin lembut dan kreatif.

Kemasan biru juga dapat menunjukkan produk yang akan memberikan relaksasi dan ketenangan. Contohnya adalah kemasan dari rangkaian produk Nivea.

Merah

Menggunakan warna merah efektif untuk merangsang indera dan menggairahkan calon pembeli. Ini karena warna merah menandakan keaktifan, tindakan, semangat, antusiasme dan kekuatan.

Merah tua dianggap profesional dan mewah, sedangkan merah cerah lebih menarik dan energik. Menambahkan emas atau perak sebagai elemen dekorasi kemasan mampu meningkatkan nilai produk. Adapun produk kecantikan yang hadir dalam kemasan merah yakni Olay, varian Regenrerist.

Hijau

Orang mengasosiasikan hijau dengan keseimbangan, harmoni, keamanan, kesehatan dan pertumbuhan, sehingga kemasan warna hijau bakal ideal untuk digunakan oleh produk kecantikan yang ramah lingkungan ataupun menggunakan bahan alami, organik dan sehat.

Hijau tua menyiratkan kekayaan, kemewahan, dan kualitas profesional, sedangkan hijau muda atau redup menunjukkan keamanan, kaya nutrisi dan ramah lingkungan. Produk perawatan kulit Mario Badescu, menggunakan warna hijau dalam branding dan kemasannya untuk menunjukkan pertumbuhan.

Orange

Dalam psikologi warna, oranye berarti eksplorasi, optimisme, kepercayaan diri, dan keramahan. Menggunaanya pada sebuah kemasan mampu menunjukkan sesuatu yang berbeda, sebuah perjalanan atau harga yang terjangkau.

Sementara beberapa varian warna jingga dapat memberikan kesan terjangkau. Untuk meningkatkan nilai produk, kamu bisa menyempurnakan kemasan jingga dengan cara mengkombinasikannya dengan warna lain. Banyak produk kecantikan yang yang hadir dalam kemasan oranye, seperti Lotus Herbals Safe Sun Sunscreen dan Re'equil.

Kuning


Kemasan kuning akan sangat cocok untuk produk yang bertujuan membangkitkan semangat atau membawa kegembiraan. Selain itu, warna kuning juga membantu konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.

Misalnya merek Garnier yang memilih menggunakan warna kuning dalam kemasannya. Agar konsumen lebih mudah mengenali bahwa produknya mengandung ekstrak lemon.

Torquoise (Pirus)

Serupa warna laut, warna torquoise atau pirus menandakan kejernihan pikiran dan komunikasi. Menenangkan emosi dan memulihkan semangat, dapat memperbaharui energi dan menginspirasi pemikiran positif.

Kemasan warna torquise ini cocok untuk produk kecantikan berupa pembersih seperti Clean and Clear Oil Control, karena mencerminkan kemurnian namun tidak terkesan terlalu steril atau klinis.

Warna ini juga bagus untuk produk kecantikan yang digunakan konsumen setiap hari dan mampu memberikan efek yang menenangkan. Contohnya produk Loreal Hydration (Aqua).

Ungu

Ungu berhubungan dengan cita-cita tinggi, imajinasi, spiritualitas, dan keunikan. Maka dengan menerapkan warna ungu pada kemasan produk kecantikan akan menunjukkan kemewahan, kesenangan, dan juga kualitas luar biasa atau eksklusivitas dari sebuah produk kecantikan.

Apalagi jika ditambahkan label atau dekorasi emas atau perak. Kemasan warna ungu juga lebih menarik pasar wanita dan remaja.

Pink

Pink melambangkan banyak hal seperti inspirasional, tulus, empati dan menenangkan. Warna pink yang lebih lembut menyiratkan kesan feminin dan awet muda, sementara warna pink yang nuansanya lebih gelap meniratkan dengan lebih banyak energi dan gairah.

Menggunakan merah muda terang atau neon cocok untuk produk yang ingin menonjolkan kesan terjangkau dan trendi, sehingga membuatnya lebih menarik bagi remaja. Kylie Cosmetics adalah contoh merek make up yang menggunakan berbagai nuansa merah muda dalam kemasannya.

Semoga dengan membaca artikel ini, kamu mendapatkan inspirasi warna terbaik untuk diterapkan pada kemasan produk kecantikan.

Nah untuk kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis produk kecantikan, atau kamu sudah memiliki rencana untuk mendirikannya dan membutuhkan kemasan produk yang stunning dan menarik bagi konsumen, pastikan memilih warna kemasan produk dengan bantuan dari desainer grafis professional ya. Agar warna kemasan sesuai dengan pesan yang disampaikan kepada konsumenmu.

Kabar baiknya, MAS VIAN desainer grafis profesional siap membantu menemukan solusi terbaik untuk desain kemasan produk kecantikan yang menarik. Ceritakan ide, permasalahan hinggapesan yang ingin kamu sampaikan kepada konsumen melalui kemasan produk.

Untuk menjamin kualitas, dapatkan garansi ‘revisi tanpa batas (unlimited revision)’. Semua bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, lho. Jadi tunggu apalagi? Order sekarang juga dengan klik disini.

0 Response to "10 Rekomendasi Warna yang Menarik untuk Kemasan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel