Adsense

Font dan Warna Logo untuk Perusahaan Kesehatan, Lengkap dengan Contoh dan Ulasannya

Untuk kalian yang saat ini berencana mendirikan perusahaan medis tak ada salahnya mencari tahu font dan warna logo untuk perusahaan kesehatan. Ini penting untuk menunjukkan identitas (brand identity) dan juga agar pelanggan percaya pada perusahaanmu.

Faktanya, warna memang dapat mempengaruhi bagaimana seseorang bereaksi termasuk juga dapat merangsang seseorang untuk pada akhirnya percaya dan mau menggunakan jasa atau fasilitas kesehatan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Penasaran, kira-kira apa saja font dan warna logo yang direkomendasikan beserta contohyang bisa dijadikan inspirasi? Yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini. 

Warna Logo Terbaik untuk Perusahaan Kesehatan

Rasa-rasanya sudah tak terhitung ya berapa banyak rumah sakit yang menggunakan warna hijau atau biru pada logonya. Bahkan hingga desain banner dan brosurnya pun juga didominasi warna tersebut.

Ya perusaahaan kesehatan dan medis identik dengan palet warna dengan cool tone seperti hijau dan biru. Dua warna yang sejuk ini sering dipilih bukan tanpa alasan ya.

Baik hijau maupun biru mampu menyampaikan rasa tenang, dapat dipercaya, profesionalisme dan dapat diandalkan.

Secara spesifik warna hijau yang kerap digunakan adalah warna hijau seperti rumput. Nah, untuk penyeimbang kesejukan, dipilihlah warna-warna seperti oranye dan merah sebagai warna kombinasinya. Tujuannya untuk menunjukkan semangat optimisme, kehangatan serta kebahagiaan. 

Warna yang Sebaiknya Dihindari Perusahaan Kesehatan

Ada warna terbaik, maka ada juga warna yang sebaiknya tidak digunakan oleh perusahaan kesehatan. Hindari jika tidak ingin audiens salah menerjemahkan identitas perusahaanmu.

Hijau neon

Warna hijau jenis ini terlalu mencolok mata dan menunjukkan kesembronoan atau ketidak hati-hatian. Tentunya ini sangat tidak sejalan dengan citra profesionalisme yang ingin diproyeksikan oleh industri perawatan kesehatan kebanyakan.

Coklat

Seperti yang kita tahu dunia medis, juga menggunakan peralatan canggih untuk menunjang pelayanannya. Nah Penggunaaan warna coklat dinilai kurang bisa menonjolkan sisi kecanggihan sektor perawatan kesehatan, medis dan kebugaran. 

Contoh Logo Modern Perusahaan Kesehatan 

Memilih warna yang lebih berani dan tidak biasa untuk merek kesehatan dan medis justru memungkinkan sebuah merek terlihat lebih menonjol, lho.

Memberikan tampilan perusahaan yang lebih fresh juga menggambarkan wawasan dan pandangan visioner yang didukung teknologi terdepan. Maka dari itu, kini banyak perusahaan perawatan kesehatan baru yang lebih modern tidak mau terihat kuno. 

Misalnya, dari luar negeri ada perusahaan teknologi kesehatan, seperti Babylon Health dan Univfy. Mereka coba bereksperimen dengan gradasi warna, yaitu di mana warna secara smooth bertransisi dari satu warna ke warna lainnya.

Sementara beberapa organisasi dan instansi pemerintahan Indonesia yang menangani masalah kesehatan juga tak mau ketinggalan. Beberapa diantaranya melakukan rebranding logo dan menerapkan kombinasi warna yang fresh lho, namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang sudah dijunjungnya sejak lama. Penasaran? Ini ulasannya.

Warna pada Logo Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Logo Kemenkes

Jika sebelumnya kita mengenal logo Bakti Husada sebagai keseluruhan logo dari Kementerian Kesehatan RI. Sekarang Kemenkes RI punya logo baru dengan pemilihan warna yang mengikuti tren warna desain masa kini yang kekinian.

Makna warna pada logo baru Kementerian Kesehatan RI tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/MENKES/589/2016 yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 14 November 2016. 

  • Warna biru turquoise, melambangkan unsur sehat, kepercayaan dan integritas.
  • Warna hijau terang memberikan efek ramah, hangat serta semangat dalam melayani.
  • Warna hitam melambangkan makna formal dan tegas selaku badan resmi negara dalam pembuat regulasi khususnya di bidang kesehatan.

Warna pada Logo Dinas Kesehatan Jawa Barat

Logo Dinkes

Logo bukan hanya sekedar pelengkap atau formalitas perusahaan, sebuah logo merepresentasikan kepribadian perusahaan. Logo merupakan elemen utama dalam membentuk identitas sebuah perusahaan atau organisasi kesehatan. Untuk itu Dinas Kesehatan jawa barat juga memperhatikan pemilihan warna pada logonya. Berikut warna-warna yang digunakan dalam mewarnai logo beserta makna filosofisnya. 

  • Warna hijau melambangkan semangat masyarakat yang siap bekerjasama dalam mewujudkan seluruh warga negara Indonesia sehat.
  • Warna kuning melambangkan semangat dan ketulusan tanpa membedakan ras, sosial, dan budaya. 

Warna pada Logo K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

logo k3

Makna warna pada logo atau simbol K3 dijelaskan dalam Kepmenaker RI 1135/MEN/1987 tentang Bendera Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Berikut makna warna-warna yang digunakan dalam mewarnai motif logo.

  • Warna putih mempunyai makna suci dan bersih.
  • Warna hijau memiliki makna selamat, sehat dan sejahtera.

Terlepas dari apapun kombinasi warna sekuder yang digunakan. Dapat dilihat bahwa semuanya memasukkan warna hijau dan biru ke dalamnya.

Font Logo Terbaik untuk Perusahaan Kesehatan

Dalam perusahaan kesehatan, peran font tak lain adalah untuk menggambarkan profesionalisme dan keandalan. Disamping itu, juga untuk memastikan keterbacaannya.

Font Serif modern yang membangkitkan kekuatan dan keamanan (seperti Arapey dan Droid Serif) sering dipasangkan dengan font Sans Serif (seperti Roboto dan Overpass), yang dapat memunculkan perasaan dinamis dan profesionalisme di bidang medis.

Font yang yang Sebaiknya Dihindari Penggunaanya pada Perusahaan Kesehatan

Berikut font yang sebaiknya tidak digunakan oleh perusahaan kesehatan. Agar pesan yang dikomunikasikan pada audiens tidak bertentangan dengan nilai-nilai dan kode etik yang dijunjung lembaga medis.

  • Penggunaan font yang bentuknya berupa tulisan tangan seperti Oleo Script, karena terlalu kasual. Mengingat kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan serius, Penggunaan font tersebut bisa-bisa menghilangkan kesan tersebut.
  • Font mewah seperti Codystar juga tidak disarankan, karena terlalu fun dan lucu, aih-alih menunjukkan keseriusan sebagaimana yang tampak pada citra perusahaan kesehatan.

Demikian ulasan mengenai font dan warna logo untuk perusahaan kesehatan. Untuk hasil, Mas Vian desainer grafis professional siap membantumu menciptakan logo yang terkonsep dan memiliki makna filosofis.

Dapetin garansi revisi tanpa batas dengan kualitas jadi terjamin. Semua itu bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau. Gak usah ragu lagi, dapatkan logo profesional dan keren dengan klik di sini aja!

0 Response to "Font dan Warna Logo untuk Perusahaan Kesehatan, Lengkap dengan Contoh dan Ulasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel