Adsense

Terapkan 12 Prinsip Desain Website ini Agar Situsmu Ramai Pengunjung

Sudah menerapkan berbagai macam taktik untuk meningkatkan peringkat SEO tapi website tetap sepi pengunjung? Bisa jadi ini karena kamu belum menerapkan prinsip desain website. Desain website yang bagus bukan hanya dilihat dari visualnya saja lho, tapi juga bagaimana website bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna (user friendly) sehingga membuat mereka betah berlama-lama mengakses websitemu dan bahkan kembali lagi dan lagi.

Setidaknya ada 12 prinsip desain website yang harus kamu ketahui sebelum kamu mulai mendesain website. Prinsip-prinsip ini akan membantu pemilik website maupun desainer website untuk menciptakan website yang menarik, berkualitas dan ramai pengunjung.

1. Gunakan font yang mudah dibaca

Website
Designed by Freepik
Jangan membuat pengunjung sampai harus menyipitkan mata karena kesulitan membaca informasi di websitemu. Gunakan font ramah web, seperti Roboto, Open Sans, Georgia, dan Quicksand. Font-font ini lebih mudah dibaca dan akan tetap eye-catching pada ukuran besar atau kecil serta berfungsi dengan baik di seluler dan desktop.

2. Hierarki visual

Hirarki
Source: Pixabay
Hierarki visual membantu menunjukkan kepada pengunjung di mana informasi terpenting berada. Berikut karakteristik hieraki visual.

  • Size: Elemen yang ukurannya lebih besar akan lebih terlihat.
  • Color: Warna yang lebih cerah lebih menarik perhatian daripada warna kusam.
  • Direction & Alignment: Elemen yang paling berbeda dari elemen lainnya akan terlihat lebih menonjol.
  • Repetition: Mengulangi gaya yang sama dapat menyarankan konten yang lebih relevan.
  • Contrast: Kontras dramatis dalam warna akan membuat elemen tertentu menonjol.
  • White space: Lebih banyak ruang di sekitar elemen akan menarik perhatian.
  • Texture & space: Tekstur terlihat lebih menonjol daripada yang tidak bertekstur.

3. Rule of Thirds

Rule of Third
Rule of Thirds atau aturan sepertiga adalah memposisikan objek foto kedalam satu bingkai agar lebih enak dilihat. Dengan membayangkan bahwa foto terdapat 2 garis potong vertikal dan 2 garis potong horizontal, sehingga terbagi dalam 9 bagian yang sama. Nah, pandangan mata manusia secara alami akan fokus pada titik imajiner tersebut. Untuk itu, dalam mendesain website sebaiknya memposisikan gambar menurut Rule of Thirds.

4. Beri negative space

negative space
Designed by Freepik
Negative space adalah area kosong di antara elemen visual dalam desain website (misalnya, foto, teks, dan ikon). Selain meminimalisir agar website tidak terlihat penuh, adanya ruang kosong dapat membuat pengguna fokus ke produk atau poin yang ingin ditonjolkan, meningkatkan keterbacaan teks dan menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

5. Desain harus konsisten

Konsistensi
Designed by Freepik
Konsisten adalah kunci! Saat mendesain website, elemen yang digunakan harus konsisten. Tujuannya untuk menunjukkan identitas visual yang jelas. Konsisten berarti menggunakan font, gaya dan warna yang sama di seluruh header. Menjaga jarak antar elemen visual tetap sama antar halaman. Menggunakan palet warna. Menetapkan tata letak. Menggunakan template yang sama untuk semua halaman. Desain yang konsisten menciptakan keteraturan dan harmoni dalam komposisi. 

6. Gunakan color pallet

palet warna
Source: Unsplash
Desain website dengan pemilihan warna yang tepat bisa sangat membantu meningkatkan pengalaman pengguna. Warna komplementer menciptakan keseimbangan dan harmoni. Penggunaan warna kontras untuk teks dan latar belakang akan membuat membaca lebih mudah. Warna-warna cerah dapat digunakan pada tombol call to action yang berisi ajakan untuk bertindak.

7. Tambahkan call to action button (ajakan bertindak)

Call to Action
Call to action button adalah tombol yang berisi ajakan untuk bertindak seperti ‘beli sekarang’, ‘baca selengkapnya’, ‘klik disini’ dan sebagainya. Dalam mendesain website, tombol ini harus dibuat tampak lebih menonjol dibandingkan elemen visual lain. Ini bertujuan agar tombol lebih mudah ditemukan dan diklik oleh pengunjung.

8. Cermat memilih gambar

web image
Designed by Freepik
Tidak hanya harus beresolusi tinggi, gambar juga harus memilki nilai estetika serta mampu memberi kesan profesional. Pertimbangkan juga untuk menggunakan infografis, video, dan grafik.

9. Tata letak berbasis kisi (grid)

grid
Designed by Freepik
Penggunaan kisi dapat membuat website terlihat rapi, teratur dan profesional. Agar tidak monoton, bedakan warna masing-masing kisi atau beri ruang negatif dan bayangan. Kisi membantu pengguna menemukan informasi penting dalam hitungan detik. Grid tidak harus dibuat menggunakan garis. Agar tidak monoton kamu bisa coba membedakan masing-masing kisi dengan warna, negative space dan bayangan. Sekreatif kamu!

10. Gunakan invarians

Pricing
Designed by Freepik
Invarians digunakan untuk menyoroti informasi penting dan menarik, seperti paket layanan atau daftar harga dengan cara menyajikannya dalam kolom atau kotak. Membuat informasi terlihat lebih menonjol sehingga secara otomatis mata manusia akan langsung tertuju kesitu. Invarians cocok diterapkan pada halaman web yang berisi penawaran. Untuk menarik perhatian, sekaligus mendorong pengguna untuk mengambil tindakan tertentu.

11. Gunakan simetris

simetris
Designed by Freepik
Simetris adalah dengan menempatkan gambar di tengah header. Teknik visual ini dapat membuat website lebih terstruktur.

12. Seimbang

keseimbangan
Designed by Freepik

Dalam konteks desain web, "keseimbangan" mengacu pada elemen desain yang harmoni. Ada banyak cara untuk menciptakan keseimbangan di situs web, seperti:

  • Melalui simetri (simetri bilateral, radial, atau translasi).
  • Menggunakan warna komplementer atau kontras.
  • Menggunakan elemen dengan bentuk dan ukuran yang serupa.
  • Menggunakan pola berulang.

Itulah 12 prinsip desain website yang dapat membantu situs websitemu lebih ramai pengunjung. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu mendapatkan gambaran tentang desain website yang user friendly ya. Namun jika kamu tidak punya waktu untuk membuat desain website. Jangan khawatir! Serahkan pada Mas Vian. Telah berpengalaman mengerjakan desain website dari berbagai sektor bisnis maupun website pribadi, Mas Vian siap menjadi partner dalam membantu menciptakan desain website yang terkonsep.

Untuk menjamin kualitas, dapatkan garansi ‘revisi tanpa batas (unlimited revision)’. Semua bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau. Jadi tunggu apalagi? Jangan tunda untuk memiliki website dengan desain yang professional, menarik dan user friendly dengan KLIK DISINI.

0 Response to "Terapkan 12 Prinsip Desain Website ini Agar Situsmu Ramai Pengunjung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel