Adsense

Cara Meredupkan Layar Komputer yang Sangat Redup

Dalam tempat yang sangat gelap kita seringkali merasa sakit pada mata atau perasaan tidak nyaman bila melihat objek yang terang ditempat gelap tersebut. Terutama ketika kita melihat layar lcd atau led monitor, kita akan cenderung meredupkan cahayanya supaya tidak terlalu terang dan silau. Perasaan silau ini muncul karena iris mata membuka terlalu lebar di tempat yang gelap, sehingga cahaya masuk terlalu banyak dan membuat mata tidak nyaman. Walaupun demikian, terkadang setingan komputer tidak mumpuni untuk meredupkan layar seredup mungkin. Karena kita berada di tempat yang super gelap gulita atau ketika ditengah hutan yang otomatis membutuhkan level keredupan yang sangat rendah. 

Maka dari itu untuk mengakalinya kita butuh software-software eksternal yang bisa mengatur tingkat keredupan layar tanpa batasan. Berikut ini beberapa software yang bisa kamu instal untuk meredupkan layar.


1. Dimmer

dimmer
Dimmer merupakan software peredup layar terbaik yang kompatibel dengan semua versi windows. Cara kerja software ini cukup simpel, yakni memberikan layer hitam yang melingkupi seluruh aplikasi windows. Dan layer itu bisa disesuaikan tingkat transparansinya. Aplikasi ini mampu memberikan level kegelapan ekstrim hingga hitam seperti layar monitor yang mati. Jadi Hati hati dalam menyeting. Software ini bersifat portable tinggal ekstrak dan klik untuk memulai. Opsi dimmer akan muncul di pojok bawah layar. Silakan geser-geser slidernya untuk mengatur keredupan. Untuk mengunduhnya silahkan kunjungi website ini.

2. Windows 10 Brightness Slider

Brigtness slider
Kalau yang satu ini lebih simpel hanya sekali klik, sama seperti dimmer yang berada di system tray di pojok. Namun yang satu ini monitor kamu harus support DDC/CI, yang berguna untuk mengganti peran setingan monitor pabrik ke software. Bagi windows 7 harus instal dulu .net4.6.2 framework. Jika menggunakan banyak monitor slider akan memunculkan setingannya secara independen. Untuk informasi lebih lanjut silakan ke laman githupnya disini.

3. Flux

f.lux
F.lux tidak hanya memberikanmu opsi peredupan saja akan tetapi juga memberikanmu opsi untuk mnyeting white balance, fungsi white balance sendiri untuk menyesuaikan suhu warna. Umumnya mengubah warna antara putih dan oranye. Opsi ini juga bermanfaat untuk menguragi radiasi sinar biru yang dihasilkan oleh led monitor. White balance juga akan menyesuaikan sendiri berdasarkan waktu yang telah diatur. Ada 3 opsi disini, yakni sunrise, sunset, and bedtime yang bisa diseting sesuka hati. Cocock disandingkan dengan software dimmer. Download disini.

0 Response to "Cara Meredupkan Layar Komputer yang Sangat Redup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel