Adsense

7 Ciri-ciri Proyek Cripto Scam/Rugpul

koin rugpul

Crypto menjadi booming akhir-akhir ini, ketika beberapa artis ikut memasarkan koin mereka sendiri kepada fans-fans mereka. Bahkan mereka menjanjikan bahwa koin itu pasti pump dan to the moon. Mereka yang ingin kaya secara instan-pun berbondong-bondong ikut membeli koin itu. Berharap koin itu akan too the moon setelah dibeli. Namun nyatanya dalam dunia market disaat ada kenaikan tinggi pasti ada penurunan yang tinggi pula. Beberapa mungkin tidak sadar mereka telah membeli di pucuk, dan uang mereka dimakan oleh seller. 

Contohnya adalah koin Squid Game yang jadi gocap setelah naik ke 1 juta.

Sebenarnya tidak apa-apa menghold koin ketika market turun karena siklus crypto itu pump setiap halving Bticoin (4 tahun sekali). Tapi beberapa koin mungkin tidak bisa naik lebih tinggi dari pucuk sebelumnya bahkan mungkin Rugpul. Untuk itu alangkah baiknya untuk mengetahui ciri-ciri projek crypto yang memiliki kemungkinan scam/rugpul berikut ini.


1. Whitepaper Gak Jelas

Whitepaper merupakan elemen penting dalam suatu projek. Whitepaper berisi segala hal teknis berkaitan dengan koin tersebut. Ada juga alasan, tujuan, strategi dan informasi tokenomik. Bila whitepaper berisi informasi yang terbatas, atau bahkan tidak ada. Sebaiknya jangan coba-coba invest ke proyeknya,

2. Kontak Tim Gak jelas

Jika memang proyek itu jelas dan nyata, tentunya tidak ada yang disembunyikan, seperti kontak tim atau developer. Namun, dalam beberapa kasus, terkadang para penipu menggunakan akun palsu atau mencatut developer ternama yang tidak ada hubungannya dengan proyek tersebut. Alangkah baiknya dicek dulu apakah yang bersangkutan pernah berhubungan dengan proyek tersebut atau tidak. 

3. Tidak Open Source

Dalam dunia Crypto, opersource itu nomor 1. Umumnya mereka menyematkan link ke github yang berisi file teks code pemrograman. Dengan open source semua bisa dicek sistem dan mekanisme kerjanya apakah ada bug atau tidak. Akan lebih baik lagi jika proyek telah lolos audit CertiK atau QuillAudit.

4. Tidak Ada Roadmap

Roadmap berisi segala, sesuatu yang dilakukan proyek itu selama masa pengembangannya. Sebagian besar proyek memilik roadmap yang jelas dan selalu tepat waktu. Roadmap bisa ditemukan di website atau sosial media yang bersangkutan.

5. Tidak Ada Use Case

Use Case atau kegunaan sangatlah penting. Umumnya koin-koin micin seperti koin meme tidak memilki kegunaan yang jelas, hanya untuk transaksi saja. Tapi tidak sedikit pula koin micin yang berubah menjadi koin bagus akibat dilibatkan ke proyek besar. Seperti contohnya doge koin yang akan dibawa Elon ke Mars.

6. Sosial Media Jarang Update

Setiap proyek crypto memiliki komunitas, dan komunitas itu bisa ditemui di beberapa platform sosmed seperti telegram, discord, dan twitter. Proyek crypto yang sehat biasanya selalu update tentang progres dan berinteraksi dengan komunitas. 

7. Janji Return Besar

Apapun produk investasi, jika menjanjikan return besar dan stabil itu wajib di curigai. Penipu umumnya mencari korban dengan sifat serakah dan tamak. Tidak terkecuali di dunia blockchain. Waspadalah pada proyek proyek defi atau staking yang menawarkan return tidak masuk akal.


0 Response to "7 Ciri-ciri Proyek Cripto Scam/Rugpul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel