Adsense

Tips Membuat Desain Kartu Nama yang Menarik

kartu nama

Kartu nama atau bisa disebut juga Business Card merupakan salah satu media cetak berupa kartu kecil yang berisi informasi mengenai identitas bisnis, kontak, promosi dan layanan. Kartu ini mempresentasikan bahwa pemiliknya adalah anggota dari perusahaan yang bersangkutan. Umumnya di Indonesia media kartu nama yang digunakan adalah yang berukuran 90x55mm. Banyak sekali jenis dan variasi desain yang bisa diciptakan dari ukuran sekecil ini. Sebagai seorang desainer, kita harus mampu menciptakan desain kartu nama yang menarik, fungsional serta komunikatif. Untuk itu berikut ini beberapa tips yang munkin bisa kalian cermati untuk membuat desan kartu nama yang menarik.

Sesuaikan tema dengan logo

Karena kartu nama adalah salah satu elemen bisnis maka alangkah baiknya bila kartu nama disesuaikan dengan tema dan logo perusahaan. Kartu nama bisa menjadi salah satu identitas perusahaan dan memberikan kesan sesuai dengan bidang perusahaan. Cara paling mudah adalah dengan memasukkan elemen grafis pada logo ke desain kartu nama, entah itu dari segi bentuk, warna, dan pola grafis lainnya.

Pastikan tulisan mudah dibaca

Umumnya kartu nama berukuran kecil, sehingga para desainer wajib memperhatikan ukuran ukuran elemen grafis agar informasi tetap bisa diterima baik oleh target audience. Salah satu yang paling penting adalah ukuran teks dan jenis tipografi yang digunakan. Informasi umumnya disampaikan melalui teks sehigga bentuk dan ukuran huruf juga harus diperhatikan. Ukuran font minimum yang disaarankan untuk kartu nama ada 6pt untuk tipe font sans serif dan 8 pt untuk tipe serif.

Masukkan informasi seminim mungkin

Bidang desain yang kecil memaksa kita untuk mengurangi muatan informasi yang terkandung dalam suatu kartu nama. Sebaiknya kita memasukkan informasi yang penting-penting saja, contohnya adalah nama, nomor telepon, alamat, email dan website. Namun, jika masih ada ruang yang cukup bisa menambahkan social media dan slogan serta jasa lainnya.

Tentukan bentuk kartu

Bentuk kartu yang ideal umumnya adalah persegi panjang. Tapi untuk menarik perhatian dan stand out kalian bisa juga mengubah bentuknmya menjadi bentuk lain seperti lingkaran, segitiga, segi-enam dan lain-lain degan mesin cutting. Custom shape memberikan efek yang playful sehingga tidak cocok untuk kartu bisnis yang berkeperluan formal dan resmi. 

Tentukan bahan

Selain desain, terkadang bahan juga memberikan efek tersendiri bagi orang memegangnya. Contohnya penggunaan bahan glossy memberikan efek berkilau yang elegan dan terkesan mewah, sedangkan efek dof berkesan tenang dan natural. Ketebalan dan jenis bahan pun juga sebaiknnya sesuai dengan karakteristik perusahaan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kalian terapkan dalam membuat Kartu Nama, Semoga bermanfaat, dan happy design.

0 Response to "Tips Membuat Desain Kartu Nama yang Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel