Adsense

Pengertian Kontras dan Pengaruhnya dalam Desain Grafis

kontras

Dalam dunia desain atau gambar mungkin kalian mendengar istilah kontras. Kata ini merupakan kata serapan dari bahasa inggris contrast. Beberapa software desain grafis juga terkadang memunculkan istilah ini, jika kalian ingin mengetahui apa sebenarnya maksud dari kontras, berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Kontras

Kontras adalah perbandingan yang membuat perbedaan menjadi jelas. Dua bentuk mungkin serupa dalam beberapa segi tetapi berbda pada segi yang lainnya. Perbedaan akan menjadi lebih tegas bila kedua bentuk tersebut memiliki kontras. Sebuah bentuk tidak akan tampak besar bila berdiri sendiri akan tetapi terlihat sebagai raksasa didekat bentuk-bentuk yang lebih kecil darinya.

Lingkup kontras yang hadir dalam rancangan memiliki tingkat kelenturan yang sangat tinggi. Kontras dapat hadir secara lemah maupun kuat, kabur atau jelas, ataupun sederhana atau rumit. Bentuk A mungkin tampak kontras dengan bentuk B, tetapi jika bentuk C dihadirkan, bentuk A dan B mungkin akan tampak lebih serupa daripada kontras.

Kontras Unsur Rupa & Pertalian

Penggunaan kontras dalam kaiatannya dengan setiap unsur rupa dan pertalian dapat dikelompokkan menjadi:
  1. Kontras Wujud
  2. Kontras Arah
  3. Kontras Ukuran
  4. Kontras Ruang
  5. Kontras Warna 
  6. Kontras Kedudukan
  7. kontras Tekstur

Kontras, Keteraturan & Emphasis

Emphasis adalah sebagian kecil ketidakteraturan pada struktur rancangan yang menyatakan penyimpangan dari kesamaan secara umum. Pada dasrnya, emphasis digunakan untuk: Menarik perhatian, menghilangkan kebosanan akibat perulangan monoton, memecah keteraturan, mentransformasikan keteraturan.

Empasis yang terdapat dalam keteraturan tampil sebagai unsur yang teratur. Pada interval antara emphasis dan ekteraturan selalu terdapat kontras. Hal ini disebabkan kerena keteraturan cenderung disiplin pada pola sedangkan mephasis amat sangat menolak pola.
Keteraturan tidak selalu membuat struktur rancangan selalu tampak baik, tetapi keteraturan selalu menjamin derajat keserasian. Kelompok bentuk yang sama yang digunakan dalam struktur perulangan menjadi tampak menjemukan. Kontras merupakan solusi untuk menghindari kesan monoton yang menjemukan.

0 Response to "Pengertian Kontras dan Pengaruhnya dalam Desain Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel