Adsense

Bagaimana Masa Depan Bitcoin dan Mata Uang Crypto Lainnya

masa depan bitcoin

Sebagai pelopor dunia crypto, Bitcoin sudah dianggap sebagai emas digital oleh beberapa orang. Dari yang dulunya hanya dianggap sebagai koin mainan, penipuan, black market dsb, sekarang sudah mulai diterima oleh banyak investor dunia. Bagaimana tidak, harganya yang terus meroket setiap tahun membuat semua orang tergiur untuk investasi di bitcoin.

Penyebab harga bitcoin terus naik adalah pasokannya yang terbatas. Bitcoin telah diprogram untuk ditambang hingga 21 juta koin. Sehingga apabila permintaannya tetap harganya tetap naik, apalagi jika permintaan naik, harganya sangat mudah sekali meroket. Berapakah batas maksimal kenaikan harga bitcoin? pastinya tidak terbatas bisa ribuan dollar, jutaan dollar bahkan milyaran dollar.

Salah satu ketakutan dunia akan bitcoin datang dari negara-negara maju yang tidak ingin kehilangan kontrol akan keuangannya. Karena bitcoin sendiri termasuk sistem keuangan desentral yang tidak bisa diatur oleh pemerintah. Contohnya adalah China yang terus gencar memblokir aktifitas penambangan dan transaksi bitcoin di negaranya. Bahkan China sedang membuat uang fiat digital dengan nama CBDC (Central Bank Digital Currency).

Kelebihan Mata Uang Bitcoin dibandingkan Mata Uang Fiat

  1. Supply Terbatas (sulit ditambang)
  2. Anti Inflasi
  3. Anti korupsi
  4. Desentral
  5. Anti krisis
  6. Kemanan terjamin

Kekurangan Mata Uang Bitcoin

  1. Transaksi lambat
  2. Fee mahal
  3. Menghabiskan banyak energi untuk menambang/memproses transaksi

Kekurangan Mata uang Fiat ($)

  1. Inflasi (suplai tidak terbatas dan mudah dicetak)
  2. Memicu krisis
  3. Sentralisasi memicu tirani dan penyalahgunaan kekuasaan

Bagaimana Masa Depan Bitcoin

Banyak yang meramal masa depan bitcoin sangat cerah seiring semakin banyaknya adopsi yang dilakukan di berbagai belahan dunia, salah satunya adalah El Salvador yang menjadi negara pertama yang mengakui bitcoin sebagai legal tender dan mata uang yang sah. Walaupun IMF memperingatkan El Salvador akan bahaya bitcoin namun Nayib Bukele tetap optimis bitcoin bisa memajukan negaranya. Hal ini memicu negara lain disekelilingnya untuk ikut mengadopsi bitcoin.

Selain itu banyak yang menyinggung bitcoin dengan perubahan iklim yang dapat memicu perubahan iklim akibat penggunaan energi yang sangat boros. Di lain sisi El Salvador memanfaatkan panas bumi dari gunung berapi untuk menambang bitcoin. Para minner lain pun juga menyadari perubahan iklim dan mulai menambang dengan energi bersih.

Seiring kurangnya kepercayaan masyarakat akan pemerintah, kemungkinan besar akan membuat orang beralih ke mata uang cypto. Apalagi dengan krisis moneter yang terus terjadi beberapa tahun sekali, pemerintah yang terus mencetak uang apalagi disaat pandemi covid yang membuat Bank Central mencetak uang lebih banyak (quantitative easing) yang memicu inflasi. Mata uang fiat terus mengurangi daya beli masyarakat setiap tahun dan setiap terjadi krisis. Inilah mengapa yang miskin tetap miskin atau semakin miskin dan kaya terus menjadi kaya. 

Contoh yang paling nyata pada akhir-akhir ini adalah mata uang Turki (lira) yang ambrol akibat kebijakan pemerintah yang amburadul. Banyak orang miskin bertebaran dan kelaparan dan kematian meningkat.

Orang miskin atau yang kurang edukasi akan finansial terus tertipu untuk mencari uang fiat yang nilainya terus menurun. Lebih parahnya lagi yang rajin menabung uang fiat.

Bitcoin adalah solusi satu-satunya solusi mengatasi masalah uang fiat. Dengan teknologi blockchain, semua transaksi akan tercatat dalam jaringan selamanya tidak bisa dihapus dan bisa dilihat semua orang. Jadi aliran dana para koruptor akan mudah diidentifikasi. 

Bila mata uang fiat musnah

Bayangkan jika suatu saat bitcoin menjadi mata uang resmi, maka bisa dipastikan tidak akan ada lagi yang namanya kegiatan investasi saham. Karena semua harga saham terus melemah terhadap bitcoin. Tidak ada lagi yang namanya wall street, bursa saham, obligasi dan instrumen investasi lainnya.

Semua tidak lagi fokus mencari uang tetapi fokus mengembangkan diri masing-masing, orang kerja keras, jujur dan cerdas akan lebih kaya dibandingkan orang yang malas, penipu dan mengandalkan orang lain. 

Tidak ada lagi tirani dan politik hitam yang menghancurkan masa depan umat manusia.
Dunia akan lebih positif dan terus berkembang dengan mata uang bitcoin. Untuk lebih jelasnya tonton video dokumenter dibawah ini:


Perhatian: Artikel ini bukan bertujuan untuk mengajak investasi di Bitcoin. Segala keuntungan atau kerugian adalah tanggung jawab setiap individu. Semua resiko investasi ditanggung masing-masing.

0 Response to "Bagaimana Masa Depan Bitcoin dan Mata Uang Crypto Lainnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel