Adsense

Macam - Macam Media Periklanan Lini Bawah dan Atas

media periklanan

Media Periklanan Lini Atas

Media periklanan lini atas merupakan media yang disebarkan melalui media massa, seperti radio tv, bioskop dan iklan luar ruang yang terkena pajak. Untuk menghasilkan media periklanan yang baik kita harus membuat acuan visual yang mampu diaplikasikan kepada segala jenis media. Hal ini dilakukan untuk menjaga keterikatan tema pesan antar media, serta perhatikan kelebihan dan kekurangan dari jenis media yang digukankan.

Media Cetak

Adalah iklan yang dipasang pada media massa seperti iklan koran dan media majalah. Format iklan pada massa dibagai dalam beberapa ukuran seperti contohnya spread, iklan 1/2 halaman, iklan 1/4 halaman, iklan baris, iklan kolom, cut out ad, spread banner, advetorial.

Iklan Televisi

Iklan televisi adalah iklan yang ditayangkan pada media telvisi. Tarif pemasangan iklan ditentukan oleh stasiun televisi yang bersangkutan berdasarkan durasi iklan dan waktu iklan ditayangkan. Iklan yang ditayangkan primetime akan lebih mahal dari waktu lainnya. Beberapa iklan juga memiliki aturan penayangan, supaya sesuai dengan target audience.

Iklan Radio

Iklan radio adalah iklan dengan elemen audio saja dan diputar pada stasion radio. Pada umumnya iklan radio merupakan versi audio dari iklan yang tayang di TV. Ada 2 jenis iklan radio yakni iklan spot, dan iklan ad lips.

Iklan Bioskop

Iklan Bioskop merupakan iklan yang ditayangkan pada media bioskop. Untuk iklan di bioskop memiliki aturan yang lebih bebas. Format ikaln yang ditayangkan pada bioskop dibagi dalam jenis, iklan video dan iklan slide.

Iklan Luar Ruang

Iklan Luar Ruang adalah iklan yang dipasang dalam luar ruangan dengan menyewa tempat tertentu baik kepada pemerintah daam bentuk pajak kepada pihak swasta. Format atau jenis iklan ini dapat berupa: Banner, Spaduk, Baliho, dan Billboard.


media perikalan

Media Periklanan Lini Bawah

Media periklanan lini bawah merupakan periklanan yang tidak melibatkan pemasangan iklan di media komunikasi masa dan tidak memberikan komisi kepada perusahaan iklan. Umumnya kegiatan periklanan lini bawah ini bersiffat penjualan promosi, yaitu kegiatan pemasaran yang dilakukan di tempat penjualan (point of purchase). Media ini disebut juga literatur promosi yang mengandalkan unsur grafis. Dalam al ini media merupakan faktor penting dari psan yang akan disampaikan. Tentunya bukan berarti kata-kata menjadi tidak berperan tetapi yang harus diperhatikan adalah bagaimana keselarasan antara seni, desain, tekstur kertas, warna tinta dan dilai produksi keseluruhan.

Leafleat

Leaf leat merupakan lembar promosi satu halaman berwarna yang dicetak pada selembar kertas dan ditempatkan pada panel, dinding, atau kaca jendela.
Pada hakikatnya, proses pembuatan desain poster sama dengan proses pembuatan selebaran. Aspek pengolahan pada work area, image, pemilihan jenis huruf serta warna menjadi satu kesatuan bentuk yang harmonis sangat menunjang keberhasilan poster sebagai media komunikasi yang efektif.

Folder

Folder adalah lembar promosi 2 halamn bolak-balik yang diekmas secara terlipat dalam bentuk amplop bisnis atau langsung diposkan. Bila tidak dalam kondisi terlipat folder dapat difungsikan sebagai poster. Format ini biasanya digunakan untuk suatu serial literatur dan program dari suatu institusi/kemlembagaan yang bergerak dibidang pendidikan.

Katalog

Merupakan tipe brosur yang menerangkan dan kadang-kadang ditambah dengan illustrasi tentang berbagai produk yang ditawarkan  perusahaan beserta harganya, ukurannya bermacam-macam mulai dar ukuran buku saku sampai yang sebesaru buku telepon tergantung keperluan bisnisnya.

Brosur

Brosur dalah lembar promosi yang berisi diskripsi singkat suatu penawaran yang disebarkan secara langsung pada masyarakat yang dituju. Brosur memberikan tantangan berkreasi yang lebih banyak dibandingkan jenis publikasi yang lain. Tantangan tersebut berupa tema atau konsep unik untuk kebutuhan pesan/informasi yang henda disampaikan sesuai dengan bentuk kegiatan promosi yang diselenggarakan secara sederhana.

0 Response to "Macam - Macam Media Periklanan Lini Bawah dan Atas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel