Adsense

6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Trader Crypto

harga btc

Trading merupakan kegiatan menjual dan membeli suatu aset secara digital di internet. Seperti di dunia nyata, trading di lakukan di pasar. Ada berbagai pasar yang bisa kamu masuki di dunia ini, salah satunya dalah pasar cryptocurrency. Di pasar ini ada berbagai aset yang bisa kalian perdagangkan mulai dari BTC, ETH, ADA, XRP, SOL dan ratusan coin lainnya. Di indonesia jual beli market crypto bisa dilakukan di platform exchange seperti Indodax, Tokocypto, Pintu, Pluang dll. Umumnya trading yang baru masuk pasar crypto bingung dan ragu-ragu karena pergolakan harga pasar yang tidak menentu. Bagi yang biasa analisa saham tentunya akan menanalisa laporan keuangan perusahaan. Namun itu tidak bisa diterapkan di crypto karena ini bukan perusahaan tapi suatu ekosistem ekonomi dalam mata uang. Trader-crypto sendiri memiliki beberapa kebiasaan untuk mengecek variabel-variabel tertentu dalam menentukan price action. Apa saja itu, simak penjabarannya dibawah ini.


1. Analisa Teknikal

Entah trader saham atau instrumen apapun pastinya harus ada yang namanya analisa teknikal. Ini berlaku juga di pasar crypto, karena hanya perubahan harga ditentukan supply dan demand. Umumnya di crypto analisa teknikal masih berlaku, kita harus wajib belajar analisa teknikal sebelum terjun untuk trading untuk meminimalisir resiko dan mengoptimalkan reward. 

2. Bitcoin Dominance

Bitcoin dominance atau disingkat BTC.D adalah suatu parameter perbandingan marketcap bitcoin yang adalah raja crypto dengan keseluruhan kapitalisasi pasar crypto. Bitcoin dominance juga sangat berpengaruh pada pergerakan harga pasar secara keseluruhan dan bisa mengindikasikan kemana arah dana mengalir. Jika BTC.D naik berarti banyak orang yang sedang membeli BTC atau menjual Alt coin (koin selain BTC). Bagi yang trading altcoin harus selalu mengecek BTC dominance sebelum memutuskan trading. Secara teori, ada korelasi BTC.D, harga Bitcoin dan harga Alt coin yang membentuk suatu siklus seperti dibawah ini.
siklus btc dominance
Untuk melihat Chart BTC dominance klik disini.

3. Fear & Greed Index

Tidak dipungkiri lagi pergolakan harga market mempengaruhi psikologi seseorang. Nah itu semua tercermin dalam data Fear & Greed index yang bisa kamu cek disini
fg index

Disana akan ada penampakan speedometer yang menunjukkan emosi trader saat ini. Jika jarum semakin kekiri maka semakin Fear atau takut, jika kekanan maka semakin greedy/serakah. Parameter ini sering digunakan untuk menentukan area serok dan take profit. Umumnya trader crypto akan serok ketika jarum ke kiri dengan status extreme fear lalu take profit ketika too greed. Data akan diupdate 24 jam sekali.

4. Event

Kita semua tahu event Halving pada Bitcoin yang selalu membuat harga BTC meroket di bulan-bulan beikutnya. Itulah salah satu bukti akan adanya potensi setelah ada event tertentu. Walaupun belum tentu berpengaruh tidak ada salahnya untuk mengambil peluang ini. Tentunya harus melihat kondisi dan situasi market, kadang event tidak berpengaruh jika dominasi BTC lebih tinggi dan saat bearish. Untuk menghetahui event yang akan datang kamu bisa lihat di coinmarketcal atau pantau twitter mereka.

5. Ranking & Tipe Coin

Seperti halnya saham, jika salah satu sektor saham terpengaruh maka semua saham di sektor itu akan turun. Begitu juga dalam crypto, salah satu contohnya adalah sedang adanya pemeriksaan oleh SEC baru-baru ini kepada decentralized exchange. Akibatnya crypto jenis DEFI seperti Uniswap, Sushiswap, Compound, PancakeSwap mengalami penurunan. Ranking juga penting untuk mengetahui koin yang sedang naik daun. Kamu bisa lihat semuanya itu di website Coinmarketcap.

6. Kondisi Perekonomian Dunia

Perekonomian dunia adalah hal terpenting yang harus kamu perhatikan, karena segala analisa diatas merupakan refleksi dari kondisi perekonomian dunia saat ini. Semua analisa bisa saja keluar dari rencana bila kondisi ekonomi dunia berubah. Jadi kita harus selalu mencermati semua market selain crypto. Bisa lewat berita maupun youtuber-youtuber seperti Chanel Ryo Gunawan yang memiliki pandangan luas tentang fundamental keuangan dunia.

Demikan postingan ini semoga bermanfaat bagi kita.

0 Response to "6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Trader Crypto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel