Adsense

Cara Mengubah Foto Jadi Hitam Putih dari HP dan PC

grayscale

Hitam dan putih adalah warna dasar yang fundamental di alam semesta, tanpa warna putih semua warna tidak bisa terbentuk, dan tanpa hitam, takkan ada warna gelap. Warna ini mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalah dunia cetak dan digital jaman dahulu yang serba hitam putih, contohnya adalah tv, foto, kertas, tinta dll. Untuk itulah yang hitam putih kerap diasumsikan sebagai warna kuno, atau klasik. Pada abad ke-18 tv hanya hitam putih, begitu juga vidio dan foto, biasanya pada objek-objek itulah warna hitam putih memberikan kesan kuno.

Pada saat ini semua semakin berwarna tidak ada tv, vidio maupun foto sejauh mata memandang. Sehingga ketika melihat hitam putih otak kita teringat masa lalu yang kelam. Efek ini masih berlaku hingga kini, sehingga banyak film, drama ataupun vidio yang memberikan efek hitam putih atau grayscale untuk memberikan efek tersebut.

Seperti judul postingan ini kita akan belajar mengubah foto jadi hitam putih baik dari perangkat PC (komputer desktop) maupun HP (ponsel android).

Yuk kita simak penjelasan dibawah ini,

Mengubah foto jadi Hitam Putih dari PC (Komputer)

Kalau kamu punya pc tentunya sudah tersedia software-software foto atau editing gambar. Contohnya MS paint (aplikasi bawaan windows) atau Adobe Photoshop (aplikasi tambahan).

Menggunakan MS Paint

1. Buka MS Paint
2. File > Open (PIlih Gambar)
3. File > Save As. Pada "Save As Tyoe" pilih "Monochrome Bitmap (*.bmp*.dib)".
4. Hasilnya akan hitam putih, namun kasar. Lihat gambar dibawah ini.

ms paint hitam putih

Menggunakan Photoshop

1. Buka Photoshop
2. File > Open (Pilih gambar jpg/png/gif)
3. Ada 3 Cara:
  • Cara 1: Pilih Image > Mode > Grayscale
  • Cara 2: Pilih Image > Adjustment > Desaturate
  • Cara 3. Pilih Image > Adjustment > Hue/Saturation (Geser slider saturation hingga -100)
4. Hasilnya lebih halus dari Ms Paint.


Mengubah foto jadi Hitam Putih dari HP (Ponsel Android)

Semua orang pasti punya hp android, tentu hp juga bisa dimanfaatkan untuk mengedit foto, salah satunya menghilangkan warna jadi hitam putih. Umumnya semua hp android baru sudah dibeklali aplikasi pengedit foto, tinggal cari filter hitam putih, dan edit warna/saturasi menjadi 0.

Atau kamu bisa unduh aplikasi editor foto seperti snapseed, google photo, canva dll.

Lewat Internet

Kalau cara yang ini kamu gak usah ribet tinggal upload di situs penyedia layanan edit foto bisa dilakukan disemua perangkat, tinggal modal kuota dan browser. Kalau khusus penghilang warna tinggal ke situs ini pinetools.com tarik slider saturation ke -100 seperti di photoshop dan klik execute. Unduh ke perangkatmu dengan klik tombol png, jpg atau webp.

hitam putih

Demikian tutorial membuat hitam putih di HP dan PC semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengubah Foto Jadi Hitam Putih dari HP dan PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel