Adsense

Tips & Trik Seleksi Rambut Detail di Photoshop

 Seleksi rambut merupakan hal yang sangat menjengkelkan bagi desainer pemula. Bahkan menyeleksi rambut adalah hal yang mereka hindari. Terkadang mereka juga menyeleksi secara asal-asalan sehingga hasilnya kurang rapi dan kurang realistis. Rambut memiliki banyak cabang yang kecil-kecil, beberapa dari rambut itu hanya berukuran 1 pixel atau separuhnya sehingga sangat tidak mungkin menyeleksi secara manual dengan pen tool. Rambut yang sulit diseleksi adalah yang menjuntai keluar atau rambut yang belum disisir atau yang terkena angin. Hal ini dipersulit dengan background yang acak kurang kontras dengan rambutnya.

Namun sebenarnya hal itu bisa diatasi bila kalian tahu triknya. Hanya butuh kreativitas untuk memanfaatkan tool-tool di adobe Photoshop hingga bisa menyeleksi dan memanipulasi hasil akhir dari seleksi tersebut.

1. Gunakan Masking

masking photoshop

Menggunakan masking tentu menjadi hal yang mudah. Kita tinggal mendefinisikan area hitam dan putih, yang mana area hitam akan hilang dan yang putih yang terlihat. Hal ini mudah jika background 1 warna dan kalian mahir memodifikasi warna dengan tool-tool yang ada, seperti level, contrast, hue, saturation. Intinya kamu harus membuat bagian tubuh terutama rambut itu gelap gullita, setelah itu di invert supaya warnanya terbalik, setelah itu di aplikasikan sebagai masking. Banyak tutorial untuk membuat masking di internet, silakan cari sendiri.

2. Gunakan Rambut Orang

rambut kribo

Jika background warna-warni dan kurang kontras, tips no. 1 mungkin tidak mempan. Cara alternatifnya adalah mencari gambar rambut orang lain yang mirip. Gambar bisa cari di google atau di situs-situs stock photos seperti shutterstock, canstock, 123rf, dreamstime, dll. Pastikan gambar itu berlatar belakang satu warna supaya mudah diseleksi. Kalau sudah ketemu gunakan tips no. 1 untuk menyeleksinya lalu di masking supaya gabung dengan gambar aslinya. Tambahkan pada bagian yang sulit di seleksi saja biar gak terlalu beda dengan original.

3. Gunakan Plugin Tambahan

Jika kamu nyerah dengan cara diatas, kalian tinggal instal saja plugin untuk menyeleksi gambar. Saya rekomendasikan plugin Topaz Mask. Plugin ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menentukan bagian rambut atau bukan. Hasilnya cukup memuaskan, rambut-rambut tipis di background warna acak pun bisa terseleksi dengan mudah dan presisi. Untuk melihat hasilnya dan mengunduh softwarnya, silakan kunjungi situsnya atau klik disini.

Tapi software ini tidak gratis, harganya $99 atau sekitar 1,4 jtan. Namun tidak usah kawatir kalian masih bisa mencoba trial 30 hari secara gratis. 

4. Gunakan Website Remove.bg

Cara ini sudah dibahas di postingan sebelumnya berjudul Cara Menghapus Background Foto dalam Sekali Klik

Demikian tips dan trik yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat ya...

0 Response to "Tips & Trik Seleksi Rambut Detail di Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel