Adsense

Pengertian Desain Komunikasi Visual dan AIDDA

dkv

Menurut Hovland, komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain. Selain itu paradigma Laswell menunjukkan bahwa komunikasi meliputi lima unsur: Komunikator, Sumber, Pesan, Media, Komunikan dan penerima efek atau pengaruh. Jadi Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertenu. Pemahaman dari Hovland dan Laswell memberikan pengertian bahwa dalam komunikasi tidaklah hanya berfokus pada masalah penyampaian pesan belaka, akan tetapi agar orang lain mengubah sikan dan tidakan seseorang.

Komunikasi visual komunikasi visual merupakan suatu penyampaian pesan yang ternecana dan sangat persuasif dengan menggunakan simbol-simbol yang dapat diterjemahkan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan publik dalam menerima pesan yang disampaikan melalui berbagai media informasi. Secara umum terdapat 2 jenis komunikasi:

  • Komunikasi verbal: komunikasi yang mengguankan simbol buyi yang dapat didengar dan dimengerti berdasarkan kesepakatan sistem.
  • Komunikasi non verbal: komunikasi yang menggunakan lambang-lambang atau gambar untuk mewakili suatu karakter simbol bunyi.

Dalam desain komunikasi non verbal menjadi prioritas karena selain memiliki jangkauan yang lebih luas, komunikasi non verbal juga dituntut untuk memiliki daya trik sehnggga menjadi mudah untuk diingat. Maka dari itu, desainer dituntut harus mampu memadukan aspek anlisis berpikir logis dengan aspek keindahan sehingga dapat memenuhi fungsi yang dibutuhkan dan secara visual memiliki nilai keindahan.

Pengertian Desain Komunikasi Visual

DKV (Desain Komunikasi Visual) merupakan komunikasi secara visual untuk menyampaikan pesan dan informasi lewat bahasa rupa guna meningkatkan efisiensi kerja dan apresiasi rupa di lingkungan masyarakat.
Menurut Allen Hurtburt kita mempelajari bahasa dengan menerapkan kata-kata kedalam pengalaman visual, dan kita menciptakan gambaran visual untuk mengilustrasikan pemikiran verbal. Interaksi kata dan gambar ini adalah latar belakang dari komunikasi kontemporer.

AIDDA

Sebuah karya desain visual, supaya lebih optimal. Selain struktur teknis desain ada rumus yang disebut AIDDA. Ini merupakan suatu langkah yang dilalui sebuah media komunikasi visual untuk mencapai tujuannya.

Attention (Perhatian)

Desain harus menarik khalayak sasarannya, baik pembaca, pendengar atau pemirsa. Oleh karena itu harus diperhatikan ukuran, warna, layout, jenis huruf, serta berbagai suara untuk menarik perhatian target audience.

Interest (Ketertarikan)

Setelah mendapatkan perhatian calon pembeli, Selanjutnya dalah bagaimana agar mereka berminat dan ingin tahu lebih jauh. Perhatian harus segera ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara lebih rinci di dalam diri calon pembeli. Mereka harus dirangsang agar mau membaca dan mengikuti pesan-pesan yang disampaikan.
Degnan demikian pengguankan kata-kata atau kalimat pembuka sebaiknya dapat menggugah rasa keingintahuan target.

Desire (Keinginan)

Upaya untuk membangkitkan keinginan target audience supaya mereka memakai, memiliki atau membeli produk tersebut. Baik dengan kata-kata yang menyenangkan dan gambar gambar yang menarik hasrat mereka.

Decide (Keputusan)

Tahap ini berhasil jika bisa menciptakan kebutuhan kebutuhan calon pembeli. Sejumlah calon pembeli empatinya sudah mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh. Namun mungkin masih timbul perlawanan dalam diri calon pembeli berupa keragu-raguan apakah produk tersebut sesuai dengan iklannya. Biasanya untuk menimbulkan rasa percaya diri pada pembeli, sebuah iklan ditunjang dengan berbagai peragaan maupun testimonial atau pembuktian. Menyodorkan pandangan positif dari tokoh-tokoh terkemuka dan departemen yang terkait.

Action (Aksi)

Akhirnya kita sampai pada upaya terakhir untuk membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Bujukan yang diajukan mungkin berupa harapan agar calon pembeli segera pergi ke toko, mengangkat telepon, melihat sosial media atau sekedar mengingatnya untuk bekal pembeliannya kelak.

0 Response to "Pengertian Desain Komunikasi Visual dan AIDDA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel