Adsense

Apa itu Analisa SWOT dalam Proses Desain Grafis

Desain Grafis tidak hanya sekadar menggambar karya seni, tetapi harus mampu memberikan kepada client solusi terbaik untuk brandingnya. Beberapa tahap harus dilalui mulai dari briefing, penggalian data, analisa masalah, kajian data, konsep dan lain lain. Salah satu analisa yang sering dipakai dalam pemrosesan data adala Analisa SWOT.

Apa itu SWOT?

SWOT merupakan singkatan dari Strenght Weakness Opportunity Threat (dalam bahasa Indonesia berarti Kekuatan Kelemahan Peluang Ancaman). SWOT adalah matrik yang berfungsi untuk mengkristalan data perusahaan client hingga menjadi acuan dalam menentukan solusi desain. Matrik ini dapat memvisualisasikan kekuatan dan kelemahan internat serta peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan.analisa swot


Strenght (Kekuatan/Kelebihan)

Sebagai modal utama dalam menentukan posisi produk. Kelebihan tidak hanya melihat pada kenyataan lahiriah tapi juga harus melihat potensi-potensi yang mungkin masih terpendam untuk diolah menjadi sebuah kelebihan. Selain itu dengan feedback kepada hasil survei bisa dengan mengakumulasi kelemahan kompetitor untuk dipakai sebagai landasan merealisasi kelemahan kompetitor sebagai kelebihan produk yang akan dirancang penyampaian pesannya.

Jka berperilaku sebagai follower, bisa mengadopsi desain komunikasi visual prduk kompetitor yang sudah menjadi terbaik di benak konsumen. Contohnya pesan "buat apa menggunakan nomor 2, 3, 4 kalau ada nomor 1" strategi yang digunakan untuk mengikuti keternaran Head & Shoulder, tetapi jika setelah dianalisa ternyata kelebihan yang dimiliki produk tersebut benar-benar mempunyai nilai lebih dibandingkan produk kompetitor. Maka kelebihan tersebut harus sering dikomunikasikan sehingga bisa menjadi brand image di dalam benak konsumen.

Weakness (Kelemahan)

Dalam mengungkapkan kelemahan objek komunikasi produk seseorang desainer harus jujur dan mengungkapkan apa adanya sebab kelemahan yang diungkapkan apabila diantisipasi dengan baik dapat berubah menjadi kunggulan/kelbihan produk, atau komunikasi yang disampaikan ke konsumen disampaikan sedemikian rupa supaya bisa mengeliminir kelemahan yang ada sehingga perhatian konsumen menjadi lebih banyak terfokus pada kelebihan objek produk tersebut.

Opportunities (Peluang)

Kesadaran akan kelebihan dan kelemahan produk sendiri dan kompetitor sehingga menciptakan peluang untuk mengembangkan potensi, dibutuhkan kecermatan dalam menentukan sasaran peluang prioritas yang diperkirakan dapat meningkatkan tujuan komunikasi yang dilakukan oleh produk.

Threat (Ancaman)

Perlu diwaspadai adanya faktor eksternal yang bisa merusak rancangan komunikasi. Antisipasi terhadap ancaman bisa dilakukan secara pasif maupun aktif melalui media yang dirancang.

Penetapan Strategi
Setelah identifikasi SWOT berdasarkan data selesai, makamatrik ini dapat membantu dalam merumuskan solusi dalam bentuk empat set kemungkinan alternatif strategis.
  • Strategi SO: Strategi ini dibuat berdasarkan jalan pikiran perusahaan, yaitu dengan manffaat seluruh kekuatan merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.
  • Strategi ST: Menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman.
  • Strategi WO: Pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada.
  • Strategi WT: Strategi ini didasarkan pada kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghidari ancaman.

0 Response to "Apa itu Analisa SWOT dalam Proses Desain Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel