Adsense

Macam - Macam Desainer Grafis dan Gajinya


Desainer grafis adalah pekerjaan yang sangat digrandrungi kawula muda saat ini. Dibarengi dengan teknologi komputer yang menjangkau semua individu, perkerjaan merancang grafis pun bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan dengan smartphone. Desainer grafis tidak hanya mampu menggambar dan membuat karya seni melainkan juga mempertimbangkan aspek marketing dalam desainnya terutama jika untuk produk.

Dalam bahasa kerennya disebut juga Desan Komunikasi Visual, jadi desainer grafis dituntut untuk mampu mengkomunikasikan suatu hal hanya dengan gambar, dan gambar itu juga harus mudah dimengerti orang yang melihatnya.

Banyak jenis desiner grafis, dan dari berbagai jenis tersebut pastinya terdapat perbedaan gaji. Semua gaji desainer akan dibeberkan disini, semoga bermanfaat bagi kalian yang sudah bosan dengan gaji yang segitu-gitu aja dan ingin meningkatkannya.

1. Desainer Grafis Percetakan

Desainer grafis jenis ini yang paling umum di Indonesia. Mudah ditemui di percetakan atau digital printing & advertizing. Kompetensi yang utama dibutuhkan pada level ini adalah kemampuan mendesain yang bagus, mahir Corel Draw, Photoshop, mungkin juga kemampuan mengoperasikan mesin cetak bila perlu. Perkejaan desain sebagian besar banner, spanduk, brosur, flyer, menu, poster.
Gaji yang bisa diharapkan dari jenis ini adalah gaji dibawah atau maksimal UMR.  Bahkan ada yang digaji dibawah umr saat pandemi korona menyerang. Saya orang Madiun, gaji desainer disini rata-rata sekitar 1,5 jt/bln.

2. Desainer Logo

Desainer ini khusus mengurusi masalah logo, biasanya kebanyakan freelancer dan suka berkompetisi di berbagai situs crowsourcing seperti 99designs, designcrowd, crowdspring dll.
Gajinya tidak tentu perbulan, namun jika sudah pro rata-rata pendapatan pertahun bisa sampai 100 jt.

3. Desainer Tipografi

Desainer ini spesialis masalah font. Mereka bisa membuat custom font, dan kemudian menjualnya di marketplace, seperti creative market, envato, dll. Semakin banyak font yang dibuat dan dijual semakin banyak pundi-pundi dollar yang didapatkan jika laku. Soal gaji desainer ini juga tidak tentu tergantung banyaknya font yang laku umumnya per font dijual $15 / 200rb rupiah.

4. UX/UI Desainer

Desainer ini mengatasi masalah pengalaman pengguna. Umumnya bekerja pada projek yang berkaitan dengan software enginering. UX desainer harus mampu merancang alur yang mudah dan berkesan bagi pengguna. Paham seluk beluk website, aplikasi mampu mengoperasikan Photoshop dan Dreamweaver. Gaji 84 jt per tahun.

5. Illustrator

Illustrator berarti orang yang bisa mengilustrasikan suatu kejadian dengan gambar. Tidak seperti desainer grafis pada umumnya illustrator lebih mengedepankan seni yang dimilikinya terutama seni rupa 2 dimensi baik realistis maupun fantasi. Yang terpenting illustrasi itu mampu mewakili kondisi dan dipahami penonton. Sang illustrator sering berkutat dengan software illustrator dengan pen tabletnya supaya bisa membuat gambar yang kompleks dengan cepat. Gaji illustrator berkisar antara 5-10 jt tergantung kesulitan gambar yang di garapnya.

6. Web Designer

Web designer adalah seseorang desainer yang berkutat dengan website. Desainer ini harus mampu memahami struktur website dan sedikit memahami sistem browser komputer. Umumnya desainer web hanya bisa membuat rancangannya saja tanpa bisa merealisasikannya. Tapi jika bisa keduanya tentu gajinya akan semakin besar. Gaji seorang web desainer sekali project adalah 1-2 jt. 

0 Response to "Macam - Macam Desainer Grafis dan Gajinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel