Adsense

Cara Mengetahui Pusat Gempa yang Baru Saja Terjadi

pusat gempa


Hai sobat masvian.com,

Pernahkah kalian merasakan gempa yang baru saja terjadi, namun kalian bingung pusat gempa ini dimana. Pertamakali yang terngiang di kepala kalian mungkin situs BMKG, tapi bisa saja situs itu tidak bisa di akses. Secara banyak orang langsung mengakses situs tersebut secara bersamaan sehingga server mereka down.

Sebelum lanjut kita harus tahu apa itu gempa, gempa adalah pergerakan lempeng bumi akibat aktivitas magma di dalam bumi. Jika kamu belajar biologi, Bumi diibaratkan air yang mendidih, batuan cair di dalam bumi terus terkonveksi yang mampu menggeser kerak diatasnya. Kerak Bumi terpecah dalam beberapa lempeng, saat bergerak dan bertumbukan itu terjadilah gelombang gempa yang disebut gempa tektonik, sedangkan gempa yang akibat gunung disebut gempa vulkanik.

Hal ini sudah saya alami, ketika terjadi gempa yang terasa hingga Madiun, Jawa Timur. Saya sudah mencoba berbagai cara untuk mengetahui dimana pusat gempa itu. Ternyata semua tidak ada yang update pusat gempa saat beberapa menit terjadi, tidak ada cara lain selain menunggu beberapa menit untuk bmkg update di twitter dan websitenya.

Tapi saya punya cara cepatnya, cukup simple dan mudah.

Kita semua pasti tahu youtube, situs berbagi video terbesar di planet Bumi. Nah di sana biasanya ada channel yang live streaming gunung api aktif. Selain live streaming yang memunculkan visual gunung, biasanya disana juga terdapat data rekaman seismograf secara realtime.

Disaat gempa terjadi otomatis akan ada pergerakan data seismograf yang tinggi. Selain itu ada juga orang panik di chat room.

Kalian lihat saja update mereka di chat room akan muncul informasi gempa terkini.

Oiya, usahakan mencari live streaming gunung di dekat kalian atau maksimal 1 provinsi. Karena seismografnya biasanya mendeteksi gempa yang sama.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jangan beraktivitas dalam rumah dulu untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.

Oke demikian trik dan trik dari saya semoga bermanfaat.

Baca juga Cara Mengetahui Posisi Bulan Planet dengan Cepat

0 Response to "Cara Mengetahui Pusat Gempa yang Baru Saja Terjadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel