Adsense

5 Website Terbaik Untuk Membangun Portofolio di Internet

Membangun portofolio merupakan sebuah kewajiban bagi para desainer grafis, atau desain lainnya. Karena dengan adanya portofolio, kita menjadi semakin terlihat profesional. Semakin bagus portofolio, otomatis semakin menambah kepercayaan client yang ingin menyerahkan projeknya dengan kita. Tak hanya klien lokal bahkan klien mancanegarapun akan tertarik jika portofolio kita bagus tidak peduli latar belakang kita. Bahkan tak segan-segan mereka (terutama client luar negeri) memberikan upah mahal kepada desain kita.

Maka dari itu kita harus dari sekarang membangun portofolio sebagai aset karir kita. Ada banyak website untuk memamerkan karyamu di internet. Semuanya sudah saya saring menjadi website penampil portofolio terbaik, yang layak kalian coba.

1. Behance

behance

Situs ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, baik kualitas teknologinya dan komunitasnya. Behance didirikan sejak tahun 2005 dan sekarang menjadi platform portofolio terbesar dan terbaik di planet Bumi. Jutaan desainer dari seluruh dunia siap memberikan like dan komen pada desain kalian, atau bahkan memfolow.  Fasilitas disini juga banyak ada beberapa fitur pengeditan dan penyimpanan yang besar, tak aneh karena sudah diakuisisi oleh Adobe.

2. Dribbble

dribble

Dribbble merupakan salah satu sosial media bagi para desainer grafis dan pelaku kreatif lainnya di dunia seni digital. Disini juga terdapat fitur portofolio yang disebut shots, yang berarti screnshoot dari projectmu. Seperti di behance, disini juga ada fitur like, komen, follow. Mungkin menjadi platform portofolio terbesar kedua setelah Behance. Tak hanya itu, kalian juga bisa mencari pekerjaan disini. Melalui fitur Find a Work, kita bisa menemukan berbagai lowongan kerja (mancanegara) yang bisa kita lamar dengan sekali klik.

3. DeviantArt

DeviantArt

Yang satu ini mungkin nenek moyang dari semua portofolio website, karena berdiri sejak tahun 2000. tapi sayangnya fiturnya tidak begitu canggih alias ketinggalan jaman. Tapi jangan meremehkan, karena di DeviantArt banyak sekali seni yang tidak ternilai harganya. Sebagian besar adalah ilustrasi, beberapa ada juga fotografi, manipulasi foto, pixel art, anime, fantasi dll. Menurut saya situs ini lebih cocok bagi seniman dibanding desain grafis. Uniknya disini terdapat kategori tutorial yang bisa kalian pelajari untuk mendongkrak skill kalian.

4. Wix

wix

Wix bukanlah sosial media seperti sebelumnya tapi platform pembuatan website portofolio. Jadi, alih-alih menggunakan url panjang dan domain lain. Kamu bisa membangun portofolio menggunakan domainmu sendiri sehingga lebih profesional. Fitur pengeditan di wix adalah yang termudah dari web builder lainnya. Tanpa pengetahuan pemrograman kalian bisa mendesain sendiri dengan UI yang user friendly tinggal drag and drop. Atau bisa juga memanfaatkan 500 template yang tersedia gratis. Kalian bisa mencobanya disini.

5. Jimdo

jimdo


Salah satu platform pembuatan website favorit saya, karena templatenya bisa diutak-atik menggunakan coding dan seo friendly. Kalau kalian ingin mencobanya bisa baca Cara Membuat Website Gratis di JImdo. Website builder asal Jerman ini sudah ada sejak tahun 2007 dan telah bekerjasama dengan 99designs. Templatenya juga tidak kalah dengan wix, hanya saja mungkin fitur pengeditannya agak kurang lengkap. Tapi overall cukup baik untuk pembuatan website terutama untuk tujuan show off portofolio.

Selain 5 diatas sebenarnya ada yang lain lagi, yakni blogger. Seperti masvian.com kalian bisa berbagi tutorial dan juga share karya berupa postingan.

0 Response to "5 Website Terbaik Untuk Membangun Portofolio di Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel