Adsense

Cara Mengetik Dengan Cepat Tanpa Melihat Keyboard

Mengetik bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang membosankan. Terlebih jika mereka dihadapkan dengan pekerjaan esay yang mengharuskan mereka mengetik hingga lebih dari 1 halaman. Belum lagi kemampuan mengetik yang sangat lamban, pastinya bikin stress dan putus asa. Sehingga banyak orang menyerahkan pekerjaan mengetik pada tukang ketik.

Padahal mengetik itu pekerjaan yang sangat mudah. Apalagi jaman sekarang banyak orang yang sudah punya hp android yang keyboard qwerty seperti keyboard komputer. Tidak seperti hp jaman dulu yang hanya ada 9 tombol yang masing2 tombol memiliki 3 input huruf.

Tentunya banyak orang yang sudah hafal dengan tata letak tombol setiap hurufnya pada layout qwerty. Ini merupakan dasar yang sangat baik untuk memulai belajar mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard bahkan dengan mata tertutup.

Kunci utama untuk mengetik cepat adalah kalian harus menggunakan kesepuluh jari kalian secara langsung. Sering disebut juga teknik mengetik 10 jari. 

Banyak orang yang mungkin bisa mengetik tapi hanya menggunakan 2 jari saja. Tapi pastinya kecepatannya masih kalah dengan orang yang bisa mengetik dengan 10 jarinya.

Jika kalian ingin mengetahui dasar mengetik 10 jari langsung saja ikuti tips dibawah ini.


Mengetik 10 Jari

mengetik 10 jari

Kunci untuk bisa mengetik tanpa melihat keyboard adalah kalaian harus menemukan tombol F dan J. 

Kedua tombol ini biasanya sudah ada tanda timbul horizontal sehingga mudah ditemukan dengan indera peraba kita. 

Kalian harus memposisikan jari telunjuk kalian pada kedua huruf itu. Telunjuk pada tangan kiri pada posisi huruf F dan jari telunjuk kanan pada posisi huruf J.  Maka otomatis jari yang lain akan menyesuaikan pada tombol2 disampingnya.

Sedangkan jempol pada posisi diatas tombol spasi. Bisa digunakan digunakan jika salah satu jempol capek.

Untuk formasi nya bisa dilihat melalui gambar dibawah ini.

peta keybaord

Bisa dilihat pada gambar diatas, masing masing area tombol setiap jari dibedakan dengan warna kuning dan oranye.

Jika kalian sudah hafal area tombol mana yang boleh disentuk setiap jari, maka kalian tinggal membiasakan mengetik sepuluh jari dengan map area tersebut.

Jika sudah terbiasa maka otomatis kalian sudah tidak lagi melihat keyboard saat mengetik.

Untuk belajar mengetik saya sarankan kalian menggunakan software Typefaster. Karena software ini memperlihatkan keyboard dilayar dan tulisan kalian sehingga kalian tahu tombol mana yang salah ketik. Sejujurnya saya juga menggunakan software ini untuk mengetik 10 jari. Ada beberapa lesson yang bisa kalian pelajari tapi saya sarakkan kalian mulai dari lesson 1.

Selesaikan semua lesson dan lihat perkembangan kecepatan pengetikan kalian. 

Jika sudah rada mahir kalian juga bisa mengikuti lomba balap ketik online di typeracer.com. Disana kamu akan balapan dengan orang sungguhan dari berbagai negara di seluruh dunia lalu kamu bisa melihat statistik dan kecepatan pengetikan kamu.

Oke, demikianlah caranya semoga bermanfaat dan menambah kecepatan mengetik kalian. Bye...


0 Response to "Cara Mengetik Dengan Cepat Tanpa Melihat Keyboard"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel