Iklan

Cara Mengatasi Download Gambar Format WEBP

webp file


Bagi yang hobi download gambar di internet pasti pernah yang nemuin file ini. Sebagian besar orang merasa kesal karena file ini tidak bisa dibuka oleh software apapun. Bayangkan ketika berharap filenya jpg atau png ternyata hasilnya webp. Beberapa orang bahkan mengira filenya error atau komputernya yang error. 

Sebenarnya tidak ada yang perlu di bingungkan dengan file webp ini. Sebelum ke cara mengatasinya sebaiknya kita mengenal dulu tentang file webp.

Apa itu format Webp?

WEBP adalah format gambar yang dikembangkan google sejak tahun 2010. Format ini menggunakan teknik kompresi lossy dan lossless yang lebih mutahir daripada format JPG dan PNG. Kelebihan format webp adalah ukurannya filenya yang lebih kecil namun kualitas gambarnya tidak terlalu rusak. 

Kebanyakan file WEBP ini digunakan untuk website, supaya loadingnya cepat dan tidak lelet, terutama bagi website yang menampilkan banyak gambar. Sejak itu penggunaan gambar webp semakin marak di web-web stock image dan wallpaper.

Jadi gak file webp sudah bukan hal yang baru lagi, dan kalian tidak usah panik karena file ini, karena file ini hanya bisa dibaca oleh browser.

Cara Convert Webp ke JPG

Karena hanya bisa dibuka dibrowser kita harus convert dulu ya guys. Kali ini file akan kita ubah ke format JPG, caranya cukup mudah, silahkan kalian ikuti step dibawah ini.

1. Klik kanan file Webp lalu Open With > Paint. Atau bisa kalian buka dulu aplikasi paint baru buka filenya.

2. Setelah terbuka lalu pilih File > Save As Pilih format JPEG dan save.

3. Maka akan muncul peringatan Any transparency will be lost if you save this picture. Do you want to continue? langsung saja klik ok, karena gambar jpg tidak perlu transparansi.

Cara Convert Webp ke PNG 

Karena jika save langsung PNG lewat Paint bisa menghilangkan transparansi sebaiknya kita menggunakan online converter. Saya rekomendasikan convertio.co. < klik link ini.

Upload gambar png kalian dengan mengklik tombol Choose Files. Lalu click convert. Mudah bukan, sekarang tidak usah khawatir lagi akan masalah file Webp ini.

Semoga turorial singkat ini bermanfaat.


Baca juga Cara Mengatasi JPG Tidak bisa dibuka di Photoshop 100% Work

0 Response to "Cara Mengatasi Download Gambar Format WEBP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel