Iklan

Cara Menghilangkan Noise Microphone di Windows 10

Bagi kalian yang suka melakukan panggilan dengan laptop atau pc atau sedang dalam pembuatan video Youtube, mungkin kalian pernah mengalami hal ini. Suatu fenomena yang biasa terjadi pada microphone kita saat recording berupa suara teeeet, preeett atau dengungan panjang dan statis pada latar berlakang suara kita. Tentunya hal ini sangat mengganggu kita jika kita menginginkan kualitas suara rekaman yang bersih tanpa noise yang mengjengkelkan itu. 

Saya pun pernah mengalami itu, saat itu saya kira gara-gara microfone saya murahan, saya terpaksa menerimanya dan melakukan pengeditan ulang dengan fitur Denoiser di Adobe Premier, memang sih berkurang tapi masih ada noisenya sedikit karena noise aslinya sangat keras. Bila volume diperkeras otomatis noise ikut mengeras, hal ini membuat saya jengkel dan selalu repot membuat suatu project video.

Untungnya masalah itu saya temukan, ternyata microfone buruk memang suatu masalah tapi ternyata hal itu bisa diatasi dengan software yang ada di Windows 10. Nah bagi kalian pengguna windows 10 bisa berbahagia, karena ada fitur pengurangan noise sistem operasi ini. Mungkin beberapa dari kalian belum tahu fitur ini, seperti saya dulu yang tak tahu-menahu tentang Windows 10. 

Penasaran Yuk langsung saja simak Cara Menghilangkan Noise Mic di Windows 10 ini:

1. Colokkan Microphone kalian pada Jack Mic (warna pink)

2. Pastikan driver audio kalian Realtek HD Audio, maka cari simbol speaker di bagian pojok kanan bawah layar atau taskbar bagian kanan. Jika sudah ketemu Klik kanan icon tersebut lalu pilih Audio Devices. Atau dari Control Panel > System > Sound > pilih Sound Control Panel link

3. Lalu akan muncul window Sound. Klik Tab Recording > Pilih Microphone > Klik tombol Properties.

4. Lalu muncullah window Microphone Properties. Klik Tab Enhancement > Centang Immediate Mode, Noise Suppression dan Acoustic Echo Cancellation. 

5. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

noise windows 10

6. Kalau sudah klik ok.


Cukup mudah kan, silahkan langsung dites apakah ada perbedaan atau tidak.

Kalau masih noise saya sarankan ganti microphone yang bagus hehehe, semoga membantu :)


Baca juga Cara Mengatasi Jack Audio Depan Tidak Berfungsi di PC

0 Response to "Cara Menghilangkan Noise Microphone di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel