Iklan

Cara Mengurangi Cahaya Biru Untuk Menjaga Kesehatan Mata

CAHAYA BIRU

Tidak dipungkiri lagi cahaya biru adalah salah satu penyebab mata pedas, mata lelah, atau bahkan pusing setelah menatap monitor terlalu lama. Beberapa orang juga mengalami susah tidur setelah bermain HP.  Mengapa ini terjadi? mengapa cahaya biru sangat mempengaruhi mata.

Pertama kita harus memahami apa itu cahaya, cahaya adalah gelombang elektromagnetik sama seperti gelombang radio, sinyal tv sinyal wifi dll. Semua gelombang elektromagnetik di pengaruhi oleh intensitas foton. Bedanya gelombang elektromagnetik yang bisa kita lihat hanya pada range tertentu, yakni pada visible spektrum, gelombang antara infrared dan ultraviolet. Dibawah infrared ada gelombang radio, vhf, uhf, microwave, sedangkan diatasnya ada ultraviolet adalah, xray, sinar gama. 

Alam semesta itu penuh dengan gelombang elektromagnetik, tapi gelombang yang bisa kita lihat hanyalah pada range visible spektrum yang memiliki panjang gelombang 1 μm sampai 100nm. Semakin panjang gelombang itu semakin semakin rendah energinya semakin pendek gelombangnya semakin tinggi energinya atau radiasinya.

Dalam kasus ini cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dari merah, sehingga energi yang kuat ini membuat mata kita lelah apabila terpapar dalam jangka waktu yang lama. Dalam kasus lain, cahaya biru juga menyebabkan mata kering, bahkan kebutaan di kemudian hari.

Walaupun cahaya biru yang dihasilkan gadget tak sebanding dengan banyaknya cahaya biru yang dihasilkan oleh langit dan matahari. Namun jika terpapar cahaya biru terlalu lama bisa membahayakan mata dalam jangka panjang.

Terlalu banyak terpapar cahaya biru juga menyebabkan Makula Degeneration, yakni rusaknya jaringan makula yang menurangi cahaya ultraviolet. Korban bisa mengalami kegelapan di daerah tengah mata atau bahkan kebutaan permanen.

Untuk itu jika kita menyayangi mata kita, marilah kita kurangi masukknya cahaya biru dengan menyeting gadget-gadget kita yang mempunyai monitor, seperti smarphone, laptop, monitor PC, tv dll. Pokoknya gadget yang sering kita tonton yang paling lama, itu lebih penting untuk dikurangi cahaya birunya.

Cara Mengurangi Cahaya Biru

  1. Gunakan Kacamata anti radiasi UV. Biasanya kacamata itu terlihat ada refleksi kebiru-biruan di lensanya. Ketika kita menggunakannya, tembok yang putih akan terlihat agak kuning.
  2. Jika tidak mempunyai kacamata anti radiasi, lebih baik kurangi setingan brightness cahaya biru pada gadget kita.
  3. Untuk mengurangi cahaya biru montor, biasanya bisa ditemukan di menu montor. Untuk HP terbaru biasanya dilengkapi dengan menu eye protection. Atau bisa instal aplikasi Twilight jika tidak ada fitur tersebut.
  4. Efek dari pengurangan cahaya biru ini adalah warna monitor yang putih tampak kekuningan.
  5. Cobalah untuk menatapnya dalam jangka waktu lama dan lihatlah perbedaannya. Sekarang matamu tidak gampang lelah dan kuat menatap gadget lebih lama dan bisa tidur dengan nyenyak.
Demikian tips dan trik dari saya supaya mata kita tetap sehat. Bagikan informasi ini ke kaluarga atau orang-orang yang kalian cintai supaya terhindar dari efek buruk cahaya biru.

0 Response to "Cara Mengurangi Cahaya Biru Untuk Menjaga Kesehatan Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel