Iklan

Cara Mendeteksi Kecepatan Detak Jantung Secara Mudah dan Akurat


mengukur kecepatan jantung


Jantung adalah organ vital dalam tubuh manusia, organ tubuh ini merupakan organ yang paling aktif. Sejak lahir jantung berdetak terus tanpa henti untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kerja keras jantung membuat kita harus waspada akan peformanya, apakah masih bagus atau semakin menurun seiring bertambahnya usia. Banyak orang yang meninggal akibat berhentinya jantung, entah karena kelelahan atau serangan jantung. Kita harus mengukur detak jantung kita setiap saat. Apakah masih normal atau tidak.

Berapa kah detak jantung normal?

Detak jantung diukur dalam unit yang disebut BPM (Beat Per Minutes) atau DPM Denyut Per Menit. Menurut American Heart Association, saat istirahat rata-rata denyut normal adalah 60-100 BPM, sedangkan atlit atau olahragawan bisa lebih rendah, yakni sekitar 40-60 BPM. Semakin rendah BPM semakin menandakan ringannya kerja jantung kita untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

Bagaimana cara mendeteksi detak jantung dengan mudah dan akurat?

Sebenarnya kita bisa mengukur jumlah denyut jantung kita secara manual, yakni dengan menghitung denyut jantung kita sendiri setiap satu menitnya. Bisa langsung memegang daerah dada, leher atau bagian manapun yang berdenyut. Tapi seringkali perhitungan manusia manual sering salah. Sehingga tidak terlalu akurat dan juga sangat ribet menghitungnya.

Untuk itu saya akan memberikan solusi mudah bagi kalian yang ingin memantau detak jantung kalian. Yaitu dengan aplikasi yang bernama Instant Heart Rate. Aplikasi ini bisa kalian download langsung di google playstore.

Bagaimana cara kerja aplikasi Instant Heart Rate?
Aplikasi Android ini dijamin akurat dan bisa dipercaya, karena menggunakan teknologi yang masuk akal. Yaitu dengan mendeteksi redup dan terangnya gambar yang dihasilkan kamera, saat kita menempelkan jari kita di kamera. Bukan asal-asalan, karena setiap jari kita memiliki pembuluh darah yang memperngaruhi terang dan redupnya gambar, dengan bantuan lampu flash yang menyala.

Berikut ini screenshot dari aplikasi tersebut. 

instant heart rate

Caranya mudah, kamu hanya perlu menekan tombol Begin Measurement, lampu flash kamera akan menyala, dan kamu tinggal tempelkan jarimu ke kamera,  usahakan seluruh jarimu menutupi kamera supaya mudah terdeteksi. Jika gelombang diagram mulai konstan, maka aplikasi akan menghitung rata-rata detak jantung selama 10 detik. 

disitu juga ada resep-resep makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantungmu dan juga program sesuai tujuan hidupmu. 

Mudah kan, langsung saja coba aplikasinya, dan jaga kesehatanmu sekarang.

0 Response to "Cara Mendeteksi Kecepatan Detak Jantung Secara Mudah dan Akurat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel