Iklan

Cara Mudah Membuat Subdomain dari Domain Utama di Blogger

subdomain blogger

Subdomain merupakan domain turunan dari domain utama, itulah mengapa dinamakan sub domain. Salah satu contoh, jika kamu telah membeli domain, http://alien.com lalu http://kau.alien.com adalah alamatnya dan "kau" adalah sub domain dari alien.com. Jadi dengan subdomain kita memiliki domain turunan dari domain pertama, seperti blogger gratisan yang memiliki subdomain blogspot.com. Kekuranganny adalah nama yang tidak praktis dan panjang tapi untuk keperluan tertentu sangat bermanfaat, misalnya untuk website blogger yang bilingual atau multilingual. Karena blogger bukan open source seperti wordpress, cara ini sangat bermanfaat bagi yang ingin blogger dengan multi bahasa.

Membuat subdomain blogger itu mudah, kita hanya menyeting domain registrar dan membuat blogger baru lalu mengkonekkannya ke registrar.

Untuk lebih jelasnya berikut caranya.

1. Pertama tama, siapkan domain utama, kalau kamu sudah beli domain utama. Konekkan dulu ke blogger. Kalau sudah siap blogger dengan TLD domain, langsung ke langkah berikutnya.

2. Masuk ke menu DNS setting di registrar kalian.  Tambahkan CNAME Record baru  (Bagi registrar namecheap lokasinya di Advanced DNS tab)  Pada setingan Host isikan nama subdomain kalian, lalu pada setingan Value isikan ghs.google.com.

Berikut ini contoh setingan pada namecheap.

subdomain blogger

3. Kalau sudah, silahkan kembali lagi ke blogger.com buat blog baru atau kalau sudah punya blog bisa langsung masuk ke menu setting. Tapi pastikan dulu kalau blog yang akan diberi subdomain masih satu akun google dengan domain utama. Langsung masuk ke menu setelan, domain kustom isikan subdomain kamu misalnya kau.alien.com. Klik simpan, tunggu beberapa menit, subdomain baru bisa diakses. Aktifkan https bila perlu,

Demikian cara singkatnya, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin membuat subdomain blogger.

Baca juga Cara Mudah Mengcopy Blog di Blogger

0 Response to "Cara Mudah Membuat Subdomain dari Domain Utama di Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel