Iklan

Cara Mudah Mewarnai Objek di Adobe Illustrator

color illustrator

Mewarnai Objek merupakan hal yang biasa dalam seni rupa. Dimana kita dituntut untuk bisa memberikan suatu kesan pewarnaan yang memperindah objek seni. Semakin bagus kemampuan seniman untuk memadu padankan warna, maka karya yang jelek pun akan menjadi indah dan sedap dipandang. Begitu juga dalam dunia desain grafis, para desainer dituntut untuk menguasai palet warna, baik warna dalam mode CMYK ataupun warna RGB. Seperti seniman desainer juga harus mampu memadu padankan warna, tidak hanya untuk keindahan tapi juga untuk kegunaan dan fungsi sesuai tujuan dan aspek dari sebuah karya desain.


Dalam dunia desain grafis kita tidak hanya bisa membuat desain csecara manual namun juga secara digital. Proses itu memerlukan perangkat elektronik berupa komputer dan atau laptop atau perangkat pendukung lain. Selain hardware yang mendukung kita juga harus memiliki program desain grafis , seperti corel draw, photoshop dan adobe illustrator atau AI dan software desain lainnya. Tapi para desainer grafis umumnya cukup dengan menggunakan 2 software yang sangat umum, yakni corel draw dan illustrator. Software pengedit vektor yang biasa digunakan oleh desainer grafis karena kemampuannya membuat gambar yang tak terbatas resolusi.

Dalam postingan ini kita akan membahas salah satu dari software itu yakni adobe illustrator. Bagi yang baru mengenal software ini pastinya bingung cara mewarnai objek yang cepat dan tepat, tanpa buang-buang waktu. 

Sebenarnya cara ini mudah dan pastinya sudah banyak yang tahu, terutama bagi mereka yang terbiasa pakai software ini. 

Berikut ini caranya:


Cara 1


Buka Illustrator, pilih objek yang akan diwarnai dengan Selection tool lalu klik kiri pada pallet warna swatches (kalau belum aktif aktifkan dulu di Windows > Swatches)

Cara 2

  1. Buka Illustrator, pilih objek yang akan diwarnai.
  2. Setelah itu seleksi semua objek dengan Selection Tool.
  3. Grub objek, (sebelumnya pastikan objek memiliki path yang tertutup, supaya warna tidak bocor)
  4. Lalu langsung tekan (K) di keyboard untuk beralih ke Live Paint Bucket Tool.
  5. Klik objek tadi dengan Live Paint Bucket Tool. Live paint grup akan terbuat, kita tinggal mewarnai nya dengan cara klik area yang tersedia, biasanya border merah. Teknik pewarnaan ini mirip seperti di software paint, hehe.

Cara 3

Melalui Edit Colors, cocok untuk mengubah objak yang sudah diwarnai dengan cepat
  1. Buka Illustrator, pilih menu Edit > Edit Colors > Adjust Color Balance.
  2. Kamu Tinggal Tarik slider RGB dan jangan lupa aktifkan live preview supaya terlihat efeknya.
  3. Kamu juga bisa menggunakan menu Recolor Artwork tapi harus memilih 1-1 warna yang akan diganti.
Sudah gitu aja caranya, cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun.
Semoga bermanfaat ya...


0 Response to "Cara Mudah Mewarnai Objek di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel