Iklan

Cara Ekspor dan Kompres File JPG di Illustrator

 

jpg illustrator

Halo para pemirsa masvian.com. kali ini saya mau share cara mengekspor file JPG di illustrator, tapi bukan dengan cara biasa tapi sekaligus menghemat ukuran filenya supaya tidak terlalu berat di hardisk komputermu. File kecil untuk JPG bermanfaat juga bagi kalian yang ingin menguploadnya di Internet, seperti contohnya di blogger seperti yang saya lakukan sekarang. Semakin kecil file gambar maka semakin cepat loading halaman dan pengunjung gak akan lari karena kelamaan nunggu loading. 

Sebelum masuk ke caranya, saya jelaskan dulu apa itu file JPG/JPEG.  Joint Photographic Experts Group (JPEG) merupakan salah satu teknik kompresi bitmap yang telah ada sejak tahun 1980. Pada tahun 1996 semakin berkembang untuk keperluan internet. Kelebihan dari JPG adalah ukuran filenya yang bisa menjadi sangat kecil, tapi kekurangannya adalah jika terlalu besar kompresi maka kualitasnya akan berkurang atau lossy, Terutama saat di zoom, maka akan kelihatan artefak-artefak blur di beberapa pixel. Seain itu gambar jpg tidak support gambar transparan seperti format png dan gif. 

Oke sekarang akan langsung saya jelaskan saja bagimana cara mengekspornya, kalian bisa membuka gambar yang sudah ada dan meekspornya lagi atau meekspor hasil vektor yang kalian buat di Adobe Illustrator.

1, Saya asumsikan gambar yang ingin kamu ekpor sudah siap. Pastikan gambar ada di dalam artboard. Jadi langsung saja klik pada menu File > Save for Web...

2. Kamu akan melihat tampilan seperti ini. Muncul window Save for Web

save for web

3. Yang perlu kalian setting untuk mengoptimalkan ukuran gambar JPG adalah sebagai berikut.

Name: adalah preset default yang bisa kalian pilih. Untuk JPEG ada High Medium dan Low. Jika kalian ingin mengkompress secara maksimal pilih low dan high untuk mempertahankan kualitas gambar.

Centang Progressive, mencentang ini akan menguarangi ukuran gambar. (cocok untuk web)

Hilangkan centang ICC Profile

Quality: sudah diatur otomatis pada preset yang kamu pilih sebelumnya, tapi kamu bisa juga mengubah nilainya.

Matte: untuk megganti background (berlaku untuk gambar transparan/vektor)

Image Size: Pilih ukuran bebas, semakin kecil dimensi panjang dan lebar semakin kecil ukuran filenya dan gambarnya.

Dibawahnya pilih antara Type Optimized atau Art Optimized untuk memperhalus gambar jika None akan telihat pixelated/kotak-kotak.

Centang clip to artboard untuk meekspor gambar yang hanya ada di artboard.

Kalian bisa bereksperimen sendiri dan melihat hasil ukuran filenya pada info di pojok kiri bawah gambar preview.

Jika sudah tinggal klik save.


Baca juga Cara Membuat Text Melengkung di AI

0 Response to "Cara Ekspor dan Kompres File JPG di Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel