Iklan

Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Cepat laku.

jualan di tokopedia

Siapa sih yang gak kenal tokopedia, salah satu platform toko online ini memiliki banyak nama dimana-mana dan juga member yang terus meningkat. Iklan yang semakin gencar dulu membuat tokopedia berhasil menjadi salah satu marketplace jual beli yang sukses di Indonesia. Kalau kamu mengaku orang Indonesia sebagiknya menggunakan platform ini, karena memang ini adalah buatan lokal.

Kalau kalian berencana membuat toko online, sebaiknya pikir-pikir dulu ingin jadi toko online tipe apa. Karena ada banyak tipe, yang pertama adalah Reseller yang menjual produk orang dengan harga lebih tinggi, atau dropshipper yang berjualan tanpa modal dan toko fisik. Atau kamu ingin menjadi agen dan toko di dunia nyata yang bisa menjual barang secara grosir. Semua bisa dilakukan disini. Cukup membuat satu akun tokopedia, kamu bisa menjual dan membeli barang di tokopedia. Untuk menjual barang kamu harus membuat toko dulu, untuk menaruh segala barang daganganmu. 

Kalau pengen barang daganganmu cepat laku, jangan jualan yang asa-asalan ya. Intinya kamu harus menjaga kualitas toko kamu. Kamu bisa mengikuti tips berjualan di tokopedia ini. Yang berdasarkan pengalaman saya sendiri 5 tahun berjualan di tokopedia.

1. Nama Toko

Hal yang pertama kamu perhatikan adalah nama toko, pastikan kamu memberi nama yang barus dan juga mudah diingat dan unik. Bisa dari namamu sendiri atau dari nama yang berhubungan dengan barang yang dijual. Mungkin bisa sedikit menambah kepercayaan pembeli yang ingin membeli. Saya sendiri mengambil nama toko yang asal-asalan, tapi alhamdullilah masih ada yang mau beli.

2. Tingkatkan Badge

Badge itu juga penting untuk meningkatkan kepercayaan pembeli. Kalian kalau beli barang online pasti melihat review dari pembeli sebelumnya. Nah seperti itulah badge itu kurang lebih, sekumpulan review yang disimpulkan dalam suatu badge. Jika banyak produk kamu yang mendapatkan review positif maka level badge kamu akan meningkat. Badge tokopedia mulai dari bronze - silver - gold - diamond. Saya sendiri masih silver 1 saja, hehehe. Untuk mengoptimalkan tokomu kamu juga bisa mengaktifkan power badge Tokopedia, gratis hanya saja sedikit potongan setiap transaksi penjualan mu. Kamu bisa baca disini.

3. Nama, Foto dan Deskripsi Produk

Ini juga gak boleh asal-asalan ya... Kamu bisa sukses bila mengerti alogaritma tokopedia. Sistem pencarian tokopedia mentarget nama produkmu dan deskripsi, Untuk itu kamu harus memasukkan keyword yang kemungkinan besar dicari orang. Misalnya kamu jual Charger hp, biasanya kan dinamai "Charger HP Bla-bla-bla", kamu bisa mengoptimalkan dengan "Charger Cas Ces HP Handphone (Merk&model)" Jadi orang yang gak bisa nulis keyword "Cas HP" bisa menemukan produkmu. Begitu juga deskripsi, masukkan keyword sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan produkmu. Foto produk juga harus besar minimal resolusi 1000x1000px dan juga berbackground putih, biar customer fokus ke produkmu.

4. Promosikan di Sosial Media

Kalau kamu gak ada kerjaan, mending promosiin produkmu di media sosial. Selain gratis, kamu bisa menjangkau sebanyak mungkin orang. Tergantung dimana kamu mempromosikannya. Bisa ke grup whats app atau grup facebook. Pastikan yang membernya banyak supaya cepat laku.

5. Promosikan di Tokopedia

Ada fitur promosi di tokopedia yang namanya TopAds yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produkmu. Tapi kamu harus merancang anggaran dan pastikan memiliki dana yang cukup untuk menayangkan iklan pada kurun waktu tertentu.

Demikian beberapa tips berjualan di Tokopedia semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Berjualan di Tokopedia Supaya Cepat laku."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel