Iklan

Benarkah Niche Blog Mempengaruhi Besarnya CPC Adsense

niche cpc adsense

Pernah dengar kalau CPC (Cost Per Click) adsense dipengaruhi oleh Niche blog? fakta atau mitos?

Banyak para blogger pemula memikirkan ini, selalu bertanya niche apa yang memiliki CPC besar. Mereka berharap dapat membuat blog yang memiliki penghasilan yang optimal dari Adsense. Kebanyakan dari ahli akan merekomendasikan untuk membuat blog seperti law firm, finansial, otomotif, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Konon iklan yang muncul akan sesuai dengan artikel blog tersebut, sehingga tertarget dan muncul ilan-iklan di bidang itu yang konon memiliki cpc yang besar. Benarkah demikian?

Ternyata semua itu hanya omong kosong. Faktanya, kemunculan jenis iklan tidak bergantung pada artikel tapi bergantung pada referensi visitor. Google menggunakan cookie dan histori pencarian untuk menentukan iklan apa yang akan ditayangkan untuk pengguna. Ada yang namanya machine learning untuk menentukan apa yang disukai pengguna ini, sehingga iklan yang muncul sesuai dengan kesukaan pengguna. Pernahkan kalian menemukan barang yang kalian pikirkan saat di beranda facebook atau saat mengunjungi blog. Itulah cara kerja penayangan iklan google.

Besar-kecilnya CPC tergantung pada pengiklan yang menentukan berapa nilai setiap klik iklan mereka. Ada yang berani mematok harga besar untuk setiap klik iklan ada yang mematok harga sangat murah meriah. Kita sebagai publisher tidak bisa menentukan iklan cpc berapa yang harus tayang di blog kita. Semua tergantung pada advertizer yang telah membayar di Google Adword.

Kadang-kadang kalian beruntung mendapatkan cpc yang sangat mahal padahal cuma blog yang konon cpc rendah seperti game, atau cerita misteri, perdukunan, judi dan lain-lain. Begitu juga yang konon CPC mahal malah apes mendapatkan cpc ancur akibat dikunjungi pengguna yang memicu menampilkan iklan murahan. Banyak blogger yang mengeluhkan demikian akibatnya putus asa dan banting setir.

Saya juga telah mengalami ini, saya punya 3 blog niche misteri, game, dan desain. Saya membuat niche desain berharap supaya BPK besar, nyatanya sama saja. Malah niche game dapet cpc mahal setiap hari, terkadang juga niche desain dan misteri malah mengalahkan CPC niche game. Semua terus berganti-hari demi hari.

Jadi apapun kontenmu, tidak usah berputus asa. Teruslah membuat konten karena konten tidak menentukan besar kecilnya CPC. Teruslah berusaha untuk memperbanyak visitormu, supaya semakin banyak klik dan mungkin mendapatkan CPC keberuntungan yang bernilai besar. Kalau bisa jadilah ranking diatas 1 juta di alexa, supaya blogmu lebih bernilai jual jika kelak mau dijual.

Oke sekian dulu sharingnya, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin membangun blog.

Baca juga Cara Mendaftar Investasi Reksadana di Bibit

0 Response to "Benarkah Niche Blog Mempengaruhi Besarnya CPC Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel