Iklan

Cara Copy Object Secara Cepat di Adobe Illustrator

illustrator

Adobe Illustrator adalah software editing vektor yang paling banyak digunakan didunia. Tapi tidak di Indonesia, percetakan kebanyakan menggunakan Corel Draw yang konon lebih cepat dalam pengerjaannya, karena tersedia shortcut keyboard yang membantu dalam pengerjaan. Banyak para desainer Indonesia yang kaku saat menggunakan illustrator karena memang jarang menggunakannya dan mungkin masih bingung akan tool-tool di dalamnya. Memang sedikit berbeda mekanismenya, tapi kalau kamu membiasakan menggunakannya bisa lancar dengan sendirinya.

Salah satunya adalah cara menyalin alias men-copy objek dengan cepat. Kalau di corel kita tinggal tarik dan klik kanan dengan mouse, objek bisa tersalin dengan cepat, bisa juga dengan shortcut CTRL+C > CTRL+V atau dengan CTRL+D untuk melanjutkan perintah copy sebelumnya atau dengan berbagai cara cepat lainnya.

Lalu bagaimana cara mengcopy objek dengan cepat di AI?

Ada banyak cara, berikut saya paparkan caranya mulai dari opsi yang terlambat sampai yang tercepat.

1. Menggunakan Selection Tool

Pertama-tama klik pada objek yang ingin kamu copy dengan Selection tool, ikon  di dalam tool box sebelah kiri.

Setelah itu dobel klik pada ikon tool tersebut, maka akan muncul window seperti dibawah ini.

move tool ai

disini kamu bisa sesuaikan jarak horisontal dan vertikalnya dan juga arah peng-copyannya. Kalau sudah bisa klik copy. maka objek akan langsung jadi 2. Kalau kamu inginmengulanginya tinggal pencet CTRL+D pada objek yang baru tercopy. Teknik ini cocok bagi kamu yang ingin mengcopy objek dengan ukuran tertentu.

2. Dengan ALT

Trik ini cukup mudah, hampir seperti sebelumnya tapi hanya saja gak usah pakai move dialog langsung pakai mouse. Pertama-tama pilih Selection Tool atau pencet tombol V pada keyboard. Klik tahan pada objek, lalu geser sembari menekan tombol ALT, geser sesuai jarak yang diinginkan. Setelah itu pecet tombol CTRL+D untuk mengulangi pengcopyan sesuai jumlah yang diinginkan. 

3. Dengan tombol arah keyboard

Kalau ini lebih cepat lagi, caranya klik objek dengan Selection Tool/V setelah itu tekan dan tahan tombol ALT tetap tahan sambil tekan tombol arah keyboard. Objek akan bergeser sambil mengcopy objek sebelumnya. Sehingga objek akan jadi banyak, pada defaultnya jarak setiap tombol arah adalah 1 px untuk mengaturnya tekan shortcut CTRL+K lalu ubah Keyboard Increment ke jarak yang diinginkan.

Dah gitu aja caranya, cukup mudah bukan. Biasakan menggunakan Illustrator sampai mahir. Maka kamu akan terbiasa dan lancar dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat ya...

0 Response to "Cara Copy Object Secara Cepat di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel