Iklan

Cara Memperjelas Text di Windows 10

Text adalah suatu hal yang vital dalam suatu bahasa, tanpa text kita tidak akan tahu apa yang dimaksud dalam suatu bahasa. Tapi jika text itu sulit dibaca tentunya sangat tidak nyaman dan membuat mata sakit. Biasanya hal ini terjadi pada teks yang ditulis tangan, yang bisanya hanya dibaca oleh sang penulis. Ternyata hal ini tidak hanya terjadi pada text tulisan tangan. Teks digital yang tertulis di komputer pun terkadang terasa sulit dibaca. Biasanya seseorang yang menggunakan text bergaya casual atau tulisan tangan di gadgetnya. Selain itu ada hal lain yang membuat tidak jelas, yaitu setingan pada komputer.

Para pengguna windows tentunya pernah mengalami sesuatu yang seperti ini. Text yang ngeblur, tipis, bahkan terlalu kecil untuk dibacan terkadang sangat menjengkelkan. Sangat mengganggu mobilitas kita dan aktivitas kita apalagi jika kamputer itu digunakan untuk bekerja, pastinya bisa menghambat perekonomian, hehe...

Kamu disini pasti menginginkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Kebetulan saya juga pernah mengalaminya, terutama setelah menginstal windows baru yaitu windows 10. Saya merasa fontnya sangat tipis dan sulit dilihat mata. Saya otak-atik dan akhirnya menemukan solusi yang pas dan tepat yang bisa kalian coba sendiri. Berikut caranya:

1. Aktifkan Clear Type Text

Clear Type Text merupakan fitur bawaan dari windows 10 yang berfungsi untuk memperjelas text. Jelas atau tidaknya text tergantung setinganmu nanti. Untuk mensetingnya silahkan langsung klik kanan pada desktop > pilih personalize. Pada baris menu sebelah kiri pilih menu Fonts lalu lihat pada Related Setting (pojok kanan atas) klik link Adjust ClearType Text. 
Lalu akan muncul jendela seperti dibawah ini.

clear type text

Centang Turn on Clear Type klik next, akan ada 6 paragraf pilih paragraf yang menurutmu paling mudah dibaca trus klik next hingga finish. Tingkat kejelasan tergantung pilihan paragrafmu, jika urang jelas silahkan ulangi dari awal.

2. Perbesar Ukuran Font

Jika opsi pertama kurang memuaskan kamu bisa coba memperbesar ukuran font, semakin besar ukuran font, semakin fontnya terlihat tebal dan jelas. Caranya, Klik Windows > Setting > Ease of Access > Display. lalu tarik slider pada menu Make Text Bigger sesuai dengan keinginganmu. Jangan besar-besar ya nanti malah jelek dan mengurangi estetika desain windowsnya sendiri, hehehe...

display

3. Kurangi Resolusi Monitor

Resolusi ternyata juga berpengaruh lho, kok bisa? Ya pastinya resolusi adalah tingkat kerapatan suatu gambar komputermu. Semakin Tinggi resolusinya semakin tajam dan sebaliknya. Saran saya atur resolusi windows sesuai resolusi montior, Windows biasanya bisa mendeteksi ukuran resolusi montormu dengan tulisan recomended pada pilihan setting resolusi. Jika setingan resolusi windowsmu terlalu besar dari resolusi montor, maka text akan terlihat sangat tipis dan kecil, membuatnya sulit untuk dibaca.

Untuk melakukan pengaturan resolusi kamu langsung saja masuk Windows > Setting > System > Display > Display Resolution > Pada dropdown pilih resolusi yang Recomended atau dibawahnya.

display windows 10

 Demikian cara memperjelas text di windows 10, semoga bermanfaat ya...


Baca juga Cara Mengatasi Windows Security Check Failure Windows 10

0 Response to "Cara Memperjelas Text di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel