Iklan

Cara Melihat Gerhana Matahari Dengan Mata Telanjang

gerhana matahari

Gerhana adalah fenomena alam yang sangat memukau dan langka. Dimana ketika terjadi gerhana akan terjadi kegelapan di tempat kita berada, karena bayangan bulan menutupi daerah kita dari cahaya matahari. Fenomena ini sebenarnya sering terjadi tapi lokasi terjadinya gerhana matahari total di tempat kita mungkin sangat jarang terjadi dan sangat langka. Untuk itu kamu tidak boleh melewatkan momen-momen berharga ini untuk mengamat sang surya bersembunyi dibalik indahnya rembulan. Banyak mitos yang berkembang berkaitan dengan gerhana matahari yang mungkin membuat kita takut untuk mengamatinya, tapi untuk sementara ini kita singkirkan dulu-fikiran-fikiran mistis itu dan biarkan indra kita bebas melihat fenomena ini dengan santai. Bila kamu ingin melihat fenom

1. Proyeksi Lubang Jarum

Cara ini adalah cara paling aman ketika kamu meilhat gerhana matahari. Kamu hanya melihat proyeksi bayangan yang dihasilkan oleh lubang-lubang kecil yang menutupimu dari cahaya matahari. Kamu bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan kardus yang tidak terpakai dan diberi lubang dengan paku. Atur jarak dengan jatuhnya bayangan sehingga bayangan berbentuk bulat sempurna. Cara lain paling mudah adalah ketika kamu berteduh di pepohonan dan ketika gerhana terjadi kamu amati saja bayangan dari celah-celah dedaunan pasti berbentuk gerhana mataharinya. Atau menggunakan tanganmu sendiri dengan cara mengepalkan dan memberikan lubang sedikit di tengah. Kelemahan metode ini adalah tidak bisa melihat korona matahari seperti melihat gerhana langsung dengan filter.

2. Melihat hanya ketika bulan menutupi matahari

Kalau ini tanpa teknik apapun, kamu hanya perlu mengetahui momen yang tepat untuk melihat matahari dengan mata telanjang. Kapankah waktunya? tentu ketika bulan sepenuhnya mentutupi piringan matahari atau ketika fase gerhana matahari total, biasanya ditandai dengan kegelapan total jika lokasi kita berada di bayangan umbra. Biasanya fase ini berlalu sekitar 2 menit, untuk itu jika kamu merasa kegelapan sudah melingkupimu, langsung saja secara perlahan lihat ke arah matahari jangan telalu lama cukup 1 menit sebelum sabit matahari terlihat, karna sinar matahari langsung akan mengenai matamu ketika pupil mode terbuka dan retina mode sensitif, hal ini bisa merusak mata. 

3. Melihat siaran televisi atau streaming youtube live

Cara ini sangat simpel cukup lihat berita ketika sedang terjadi gerhana, pasti di media ramai disiarkan fenomena alam langka ini. Bagi yang tidak punya TV cukup beli pakat atau gunakan wifi gratis untuk streaming youtube di chanel-chanel yang menyiarkan gerhana matahari langsung. Cara ini adalah cara teraman yang bisa kamu lakukan.

Ada juga orang yang menyarankan menggunakan ember diisi air dan melihatnya dari pantulan air. Menurut beberapa pakar, cara ini masih berbahaya karena cahaya matahari langsung terpantul oleh air dan masih menyilaukan. Cara ini Sepertinya ini saja cara melihat matahari secara langsung. Saya sarankan menggunakan kacamata khusus gerhana matahari untuk mengurangi resiko pada mata kita. Misalnya menggunakan kacamata las, film disket atau sun filter bagi yang punya teleskop.

0 Response to "Cara Melihat Gerhana Matahari Dengan Mata Telanjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel