Cara Mengatasi Perasaan Takut akan Hantu

hantu setan iblis

Hantu adalah makhluk misterius yang suka muncul dalam kegelapan. Berbagai bentuk dan rupa telah diceritakan secara turun-temurun oleh nenek moyang kita. Setiap daerah memiliki cerita sendiri tentang hantu, dan sebagian besar dari mereka terlihat mengerikan dan menyeramkan. Setiap orang yang melihat hantu pasti kaget, lari, pingsan, bahkan jantungan yang bisa mengakibatkan kematian. Selain cerita, video dan foto penampakan yang tersebar di media elektronik semakin menguatkan kepercayaan manusia akan hantu. Agama juga ikut andil dalam pembentukan kepercayaan akan hantu, agama mewajibkan pengikutnya untuk mempercayai hal gaib yang tak terlihat. Ketiga hal tersebut membuat otak kita memasukkan hantu dalam kesadarannya, dalam realitasnya dan menganggap hantu benar-benar realistis dan ada di dunia nyata. Lalu apakah hantu memang ada? jika ada bagaimana cara mengatasi perasaan takut akan hantu? marilah kita simak paragraf berikutnya.


Apakah Anda percaya akan hantu? Jika iya. Bisa saya katakan bahwa Anda masih dalam dunia hayalan, dunia yang dibuat oleh otak Anda sendiri. Mengapa demikian? Karena indra dan otak kita tidak bisa dijadikan acuan untuk memproyeksikan realitas itu sendiri. Bayangkan saja mata kita hanya bisa melihat gelombang elektromaknetik dalam frekuensi 300 THz yang kita sebut sinar atau cahaya, padahal masih banyak range gelombang elektromaknetik yang ada di alam semesta, ada infrared, ultraviolet, x ray dan gamma rays yang tidak terdeteksi indra kita lihat aja di wikipedia. Sehingga realitas yang kita anggap menyeluruh ini sebenarnya hanya terbatas oleh informasi yang diterima indra kita.

Tabel Range Gelombang Elektromagnetik

HANTU ADALAH HALUSINASI

Lalu jika otak kita tidak bisa menangkap semua yang ada di alam semesta, mengapa hantu tidak ada? bukankah itu menjadi kemungkinan adanya hantu yang tidak terlihat oleh mata?

Marilah kita dalami dulu apa itu definisi melihat, dalam sains mata dikatakan melihat apabila ada cahaya yang masuk ke mata dan mengenai retina lalu terjemahkan oleh mata kita sebagai gambar.

Banyak orang yang mengaku melihat hantu, berarti ada berkas cahaya yang mengenai sosok hantu tersebut atau hantu itu menghasilkan cahaya sehingga kita bisa melihat mereka. Sehingga jika seseorang melihat hantu, seharusnya orang lain di juga bisa melihat kehadiran mereka. Banyak kasus, salah seorang melihat hantu sedangkan orang lain di dekatnya tidak bisa melihatnya, biasanya mereka beralasan orang itu indigo atau memilliki kelebihan seperti indra ke enam, yang tidak dimiliki orang normal.

Tentu sekarang Anda bisa membedakan mana yang normal dan yang berhalusinasi.
Mungkin anda juga berfikir, mungkin orang indigo memiliki kemampuan untuk melihat gelombang elektromagnetik dibawah atau diatas visible electromagnetic spectrum (300 THz). Jika demikian, seharusnya orang-orang indigo berani di tes jika melihat hantu seharusnya disiapkan alat pendeteksi sinar gamma, infrared, ultraviolet dll yang ikut mendeteksi hantu. Sehingga semua mengakui kehebatan mereka.

Namun, sepertinya selama ini tidak ada satupun alat pendeteksi yang mendeteksi anomali yang menunjukkan keberadaan hantu. Sangat hebat jika Anda sendiri mampu mendeteksi keberadaan hantu dengan peralatan detektor yang bisa dijamin keasliannya, Anda akan menjadi ilmuwan pertama yang akan mengubah dunia meraih nobel prize dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Selain itu ada banyak alasan lain yang harus Anda pikirkan sebelum mengakhiri kepercayaan Anda tentang hantu.

1 | Hantu tidak mau menampakkan diri di langit yang gelap?

Alam semesta ini sebagian besar gelap gulita, siang dan langit biru hanyalah illusi atmosfer yang menutupi kegelapan sebenarnya di ruang angkasa. Jika demikian, hantu seharusnya sangat mudah dilihat jika kita menengok ke langit saat malam hari, hantu juga pasti senang menyelami kegelapan ruang angkasa. Namun nyatanya tidak ada satupun astronom yang melihat hantu saat meneropong, bahkan dikuburan yang gelap sekalipun. 

Orang takut gelap adalah hal yang wajar, karena banyak bahaya yang mengintai disana. Mungkin gen ini diturunkan nenek moyang kita sejak pada jaman purba, karena dulu belum ada lampu dan mereka hidup di hutan yang gelap gulita. Banyak ancaman yang datang dari gelap seperti predator, musuh, terpeleset atau terantuk batu. Tapi lambat laun, mitos hantu ikut menyelinap dalam ketakutan itu, sehingga sekarang banyak yang takut hantu dari pada bahaya rasional lainnya. Yang parah lagi, orang yang takut ke kamar mandi sendiri di tengah malam dengan lampu menyala. 

2 | Sebagian besar hantu adalah Spesies Homo Sapiens.

Jika kamu anak biologi pasti tahu siapa itu homo sapiens. Ya, homo sapiens adalah satu-satunya spesies manusia yang masih eksis saat ini, selain homo erectus, homo habilis yang telah punah. Menurut beberapa kepercayaan semua makhluk hidup memiliki roh/jiwa. Lalu mengapa penampakan hantu kebanyakan hanya manusia? tidak kambing tanpa kepala, atau ayam potong atau hewan lain. Hal ini membuktikan kalau hantu hanya ada datang dari pikiran manusia.

Anehnya lagi hantu bisa jalan-jalan, berkelana dan berfikir untuk menakut-nakuti orang. Lalu bagaimana cara mereka berfikir? sedangkan mereka tidak punya otak yang notabene organ yang berfungsi sebagai mesin untuk berfikir. Belum lagi jantung paru-paru dan organ vital lainnya, mereka tidak memiliki itu semua.

3 | Hantu hanya ada di planet Bumi?

Hantu itu bebas berkelana kemanapun mereka suka karna tidak terpengaruh gravitasi, apakah mereka hanya suka bertempat tinggal di bumi? sedangkan ada banyak planet di tata surya kita belum lagi planet-planet yang mengorbit di bintang lain, dan milyaran planet di galaksi kita dan galaksi lain di alam semesta. 

Bayangkan bila bumi terhantam meteor dan manusia punah, kemanakah roh-roh itu bermigrasi? apakah ke planet mars atau pluto? tentu sangat konyol dan lucu.

4 | Hantu selalu memakai pakaian

Jika beragama Islam biasanya hantu menggunakan kain kafan alias pocong. Mengapa kain kafan ikut menjadi bagian dari dimensi hantu? bukankah roh itu hanya berlaku pada makhluk hidup? seharusnya hantu itu telanjang bulat, karena pakaian dan aksesoris lainnya adalah benda mati.

5 | Bukti keberadaan hantu dibantah melalui proyek CERN 

CERN adalah laboratorium penelitian partikel yang berisi terowongan LHC (Large Hadron Collider). Terowongan membentuk lingkaran sepanjang 27 kilometer yang berfungsi menumbukkan atom dengan kecepatan tinggi.

Berikut kata ilmuwan Brian Cox dilansir dari independent.co.uk
"Proyek ini telah melihat sejumlah hal, mengidentifikasi bagaimana partikel runtuh dan mengambil petunjuk bahwa mungkin ada partikel baru dan tidak diketahui. Tetapi belum menemukan sedikit pun bukti bahwa ada sesuatu yang bisa menjadi hantu.Jika hantu ada, maka mereka harus dibuat murni dari energi, karena menurut definisi mereka mereka tidak dapat dibuat dari materi. Tetapi jika mereka hanya terbuat dari energi, mereka akan cepat menghilang, karena hukum termodinamika kedua mengusulkan bahwa energi selalu hilang karena panas."

Jika kamu ingin melunturkan kepercayaanmu akan hantu secara bertahap saya sarankan baca buku tentang sains murni, atau nonton film cosmos: a spacetime oddysey yang berisi 13 chapter yang menjelaskan bagaimana ilmuwan mengungkan alam semesta dari tahun ke tahun. https://www.vidio.com/watch/1115820-cosmos-a-spacetime-odyssey-part-1

0 Response to "Cara Mengatasi Perasaan Takut akan Hantu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel