Kumpulan Software yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Desainer Grafis

Desain grafis merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan grafis seperti banner, kartu nama, baliho, logo, illustrasi dll. Seringkali pekerjaan ini diremehkan oleh beberapa orang, dan menuntut untuk mendapatkan pelayanan desain gratis, fenomena ini sering dialami oleh client yang berasal dari teman dekat. Padahal kenyataannya pekerjaan desain membutuhkan waktu dan perhitungan dan matang supaya sesuai dengan kebutuhan dan bentuk komunikasi visual yang diharapkan. Untuk itu orang awam tidak boleh serta-merta merendahkan pekerjaan ini dan seorang desain grafis tidak boleh terlalu membanting harga terlalu murah.

Bagi kamu yang senang berkecimpung atau akan berkecimpung di dunia desain grafis kamu wajib mengetahui software apa saja yang dibutuhkan oleh seorang desainer grafis supaya pekerjaan desain dapat berjalan dengan lancar. Umumnya software desain grafis berupa vektor dan raster image editing. Ada juga yang berupa 3d modeling untuk desain rumah, interior, kendaraan dan lain-lain. Untuk itu langsung saja simak software-software desain grafis yang telah dirangkum dibawah ini.

1 | Photoshop

photoshop

Photoshop merupakan software keluaran adobe yang umum digunakan oleh seorang desainer grafis. Software ini biasanya digunakan untuk mengedit gambar, foto, karena fitur-fiturnya yang lebih diperuntukkan untuk mengedit gambar raster (gambar berbasis pixel). Namun tak jarang, software ini digunakan untuk membuat banner, logo, dan desain lainnya. Kelemahan software ini adalah karena hanya bisa mengedit raster, maka terbatas oleh resolusi, ciri-cirinya jika dizoom terus melebihi resolusi maka akan terlihat kabur dan muncul kotak-kotak pixel warna-warni. Untuk itu hasil grafis dari software ini hanya cocok digunakan untuk screen atau layar monitor saja.

Jika kamu ingin mendownload softwarenya langsung saja klik link dibawah ini:

2 | Illustrator

illustrator

Illustrator juga software untuk desain grafis tapi bedanya, software ini menghasilkan grafis berbasis vektor. Apa itu vektor? singkatnya vektor merupakan gafis berbasis kurva dan garis. Jadi bukan memproses pixel seperti photoshop tapi berdasarkan kalkulasi busur antar titik yang diatur oleh panjang lengan handle. Jadi grafis basis vektor jika dizoom akan terlihat tetap jelas, walaupun dizoom seukuran alam semesta pun tetap jelas. Maka dari itu software ini lebih cocok digunakan untuk membuat banner, baliho, logo, dan media cetak lainnya yang berukuran besar.

Jika kamu ingin mendownload softwarenya langsung saja klik link dibawah ini:

3 | Corel Draw

Corel draw

Seperti Illustrator, corel draw juga merupakan software untuk editing vektor. CorelDraw lebih sering digunakan oleh para desainer grafis Indonesia terutama di percetakan. Entah kenapa, mungkin karena lebih simple daripada Illustrator yang terlalu detail dan tombol yang kecil. Tapi kelebihan Corel adalah dari segi interfacenya lebih user friendly dan penggunaan fitur-fiturnya lebih mudah digunakan. Sedangkan kelemahannya adalah dari segi warnanya yang terkadang tidak konsisten dengan hasil cetaknya. 

Jika kamu ingin mendownload softwarenya langsung saja klik link dibawah ini:

4 | Indesign

indesign

Indesign merupakan produk adobe yang lebih digunakan untuk melayout suatu halaman. Software ini cocok digunakan untuk membuat majalah, koran, buku, dan lain-lain. Fitur-fiturnya hanya berfungsi untuk menggeser, meletakkan, objek, text, gambar sesuai dengan desain yang direncanakan. Umumnya pekerja layouter di produsen koran dan majalah memakai software ini, karena lebih lengkap dan mudah untuk memanage desain tiap halaman.

Jika kamu ingin mendownload softwarenya langsung saja klik link dibawah ini:

5 | 3dsmax

3ds max

Kebutuhan rumah dan kendaraan memacu kebutuhan dunia grafis untuk membuat 3d graphic. Tentunya dengan software 3d yang disebut 3dsmax, software ini lumayan berat dan butuh komputer minimal core 2 duo dan ram 2 gb. Tapi jika orang mahir mengoperasikan software ini makan akan menghasilkan grafis 3 dimensi yang real bagaikan objek sungguhan. Ada banyak fitur yang harus dipelajari satu persatu karena saling berkaitan satu sama lain. Orang yang asyik modeling 3dmax terkadang sampai lupa waktu dan menghabiskan waktu berjam-jam di komputer.Tidak hanya modeling dengan software ini kamu juga bisa membuat animasi berupa video dan gambar-gambar squence.

Jika kamu ingin mendownload softwarenya langsung saja klik link dibawah ini:

0 Response to "Kumpulan Software yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Desainer Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel