Bagaimana Cara Mengatasi Internet yang Sangat Lemot

plane

Internet lemot, pengalaman ini pastinya sudah pernah dialami semua pengguna internet di Indonesia. Walaupun sekarang sudah beralih ke 4G, sebagian orang mungkin sedang mengalami internet lemot bahkan mati. Fenomena ini sangat wajar dialami oleh setiap orang, tapi sangat jarang dialami orang jaman sekarang. Dulu saat 3g hampir semua konsumen provider telekomunikasi indonesia diprotes oleh banyak orang karena lambatnya koneksi internet. Kadang promosi yang gencar dilakukan oleh provider tidak diimbangi oleh kenyataan yang dirasakan pengguna. Sehingga pengguna merasa dirugikan telah membayar mahal untuk koneksi internet lemot.

Kini koneksi internet sangat cepat bahkan melebihi 1 mbps, jika dulu download mp3 saja butuh 15 menit sekarang, hanya hitungan detik sudah langsung selesai. Benar-benar dimudahkan kaum milenial jaman sekarang ini, memberikan ruang berekspresi tanpa batas di dunia maya. Jika dulu buffering youtube menjadi masalah kronis yang membuat penggunanya stress, sekarang semua sudah maju, tiadalagi kata buffering. Jika kamu mengalami internet lemot, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, berikut ini.

1. Periksa Kuota Internet

Walaupun kelihatannya kuota internetmu masih ada namun sangat mempet atau hampir habis, bisa jadi itulah penyebabnya. Misalnya saya menggunakan smartfren selalu lelet saat tinggal 15 MB, mungkin disananya ada sistem pengereman otomatis kali ya.  Untuk itu diharuskan bagi kalian untuk selalu mengecek kuota secara realtime, kadang tidak terasa kuota habis akibat streaming youtube atau instagram yang berlebihan atau tanpa sepengetahuan anda, atau dipakai oleh anak anda atau orang terdekat anda untuk download film atau apapun itu.

2. Periksa Sinyal Bar

Sinyal bar merupakan jantung dari koneksi internet. Selain internet sinyal juga dibutuhkan untuk menrima sms dan telepon. Apa jadinya bila sinyal bar ini hilang tanpa jejak, bahkan dibubuhi dengan simbol silang. Itulah pertanda bahwa sinyal sedang hilang, anda tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Pastikan sinyal selalu full jika hanya satu bar kamu akan merasakan leletnya internet diiringi dengan baterai yang panas akibat terus mencari sinyal. Fenomena ini sering terjadi bagi orang yang bepergian di pedalaman atau pegunungan. Untuk itu pantengin terus sinyal bar dimanapun kamu berada.

3. Pasang Aplikasi Pemantau Lalu Lintas Data

Aplikasi pemantau lalu lintas data sangat penting jika untuk mengetahui lalu pemakaian data tak lazim dalam hp anda. Saya sarankan menggunakan aplikasi Speed Meter Lite, sebuah aplikasi pemantau traffic data untuk android. Selain menampilkan penggunaan data harian, aplikasi ini juga dapat menampilkan kecepatan internet saat menggunduh atau upload di top bar. Jika saat kamu tidak melakukan apa-apa namun kecepatan bergerak dengan kecepatan mbps, pasti ada yang tidak wajar dengan internet anda. Pasti ada aplikasi yang otomatis download update atau seseorang yang menggunakan tehtering wifi anda secara frontal. Kejadian ini tentunya bisa memperlambat kecepatan intenet anda sendiri sekaligus menghabiskan kuota. Untuk itu disarankan untuk selalu memantau lalu lintas data.

4. Download di Situs Lain

Pernah merasakan download di google play sangat cepat? bahkan tidak ada 1 detik langsung selesai? itu ternyata disebabkan oleh server google yang bagus dan dapat merespon request data dengan cepat. Coba saja download si situs lain pasti butuh waktu yang lebih lama. Jadi selain faktor provider internet, faktor server situs yang kita kunjungi juga berpengaruh besar pada kecepatan transfer data pada situs tersebut. Jika kalian ingin mendapatkan pengalaman download cepat silahkan cari saja situs besar dan sudah terpercaya seperti google, yahoo, mediafire, soundcloud dll. Coba saja bandingkan setiap situs, dan tentukan situs yang tercepat.

5. Ganti Browser

Browser juga ikut andil dalam menentukan kecepatan transfer data, karena browserlah muara semua data dari server ditampilkan dalam bentuk user interface yang enak dilihat dan dinimati. Namun bila browser yang kamu gunakan ternyata memakan ram yang banyak, makin lama kecepatan browser akan menurun bahkan bisa macet. Saya sarankan gunakan browser google chrome, dijamin transfer data dapat lebih cepat dan akurat.

6. Ganti HP

Setidaknya kamu harus punya HP 4G untuk bisa berselancar dengan cepat. Misalnya dengan HP Andromax yang harganya cm 600rb an, kamu sudah bisa menikmati pengalaman internet cepat tanpa batas (asal ada kuota). Faktor lain yang kamu perhitungkan juga adalah sistem HP, jika sudah terkena virus maka hp akan makin rusak bahkan mati. Maka jalan satu-satunya adalah ganti HP.

Demikian 6 cara mempercepat internet yang bisa kamu aplikasikan, semoga membantu mengatasi masalah Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel