Adsense

Ide-Ide Logo Untuk Bisnis Real Estate Perumahan

Semakin banyaknya permintaan akan tempat hunian oleh kaum millenial, kebutuhan tempat tinggal pun kini menjadi sektor bisnis yang menjanjikan. Hal ini disebabkan juga karena populasi Indonesia yang terus meningkat. Untuk itu banyak sekali bermunculan berbagai developer rumah yang menawarkan tempat hunian dengan berbagai gaya dan fasilitas.

Semakin banyaknya pesaing semakin bervariasi pula harga yang ditawarkan, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan yang sudah diperhitungkan.

Untuk mendirikan suatu perusahaan yang bergerak dibidang properti tentunya membutuhkan identitas yang cocok dan efektif di sektor ini. Identitas itu harus diwakilkan dalam sebuah logo perusahaan, yang mencangkup semua aspek terkait perusahaan tersebut.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam membuat logo:

  1. Kejelasan: Logo harus jelas bentuknya walau diskala ukuran kecil.
  2. Keterbacaan: Judul logo harus dapat dibaca atau legible dalam ukuran kecil.
  3. Warna: Warna harus mewakili tema perusahaan.
  4. Keunikan: Logo harus memiliki keunikan dari kompetitor di sektor yang sama.
  5. Target Audience: Logo harus sesuai selera pada demografi yang ditarget.

Contoh Simbol yang Cocok Untuk Logo Real Estate

Berikut ini beberapa elemen grafis dasar yang selanjutnya bisa dikembangkan:

Rumah

Rumah merupakan salah satu ikon yang sangat umum digunakan untuk logo real estate. Karena asosiasi simbol ini sangat kuat dengan bisnis yang berkaitan dengan rumah salah satunya yaitu real estate. Audience dapat sangat mudah mengenali bidang bisnis hanya dengan melihat simbol ini bahkan tanpa tambahan judul atau slogan yang berkaitan dengan real estate.

Gedung

Simbol gedung bisa menjadi pilihan bagi bisnis real estate yang menjual properti berupa apartement. Bidang ini disebut juga perumahan komersial atau commercial real estate, menjual properti untuk tujuan bisnis bukan untuk hunian rumah tangga. Bangunan ini umumnya menjulang kelangit atau disebut juga gedung pencakar langit yang banyak ditemukan di kota-kota besar.

Jendela

Jendela atau windows juga merupakan gambar yang lazim ditemukan pada logo real estate. Sama dengan rumah, simbol ini sangat kuat menggambarkan bisnis di bidang perumahan. Tak hanya cocok untuk bisnis penjual properti residensial tapi juga cocok untuk properti komersial. Jadi simbol ini sangat umum dan lebih fleksibel dan tak terlalu spesifik. 

Kelebihan lain dari simbol ini adalah dapat dikombinasikan dengan berbagai bentuk selain rumah. Misalnya menambahkan elemen windows ini pada inisial cukup untuk menggambarkan bidang perusahaan ini.

Atap

Atap rumah bisa menjadi opsi logo lainnya yang menggambarkan perumahan karena atap merupakan bagian dari rumah. Walau ada banyak jenis atap, yang paling sering digunakan adalah atap pelana. Simbol atap cocok diaplikasikan untuk logo kombinasi teks dan gambar. Atap bisa ditaruh diatas teks atau menyatu dengan salah satu karakter huruf.

Abstraksi 3D

Bagunan juga tak lepas dari aspek 3 dimensi, sehingga segala figur abstraksi yang berkaitan dengan dunia 3d sangat sesuai dengan bisnis properti. Untuk memunculkan kesan 3 dimensi grafis harus memenuhi kaidah gambar perspektif, sehingga mata kita bisa mengenali efek 3d itu.

Inisial

Inisial adalah huruf pertama pada setiap kata pada nama perusahaan. Huruf ini bisa pula dijadikan logo yang mudah dikenali. Namun bila perusahaan kurang begitu terkenal penggunaan simbol inisial saja membuat audience tidak tahu sektor perusahaan ini. 

Jika ingin membuat orang mudah mengenali sektor perusahaan real estate, disarankan untuk selalu mencantumkan teks yang berasosiasi dengan bidang real estate baik itu di bagian nama maupun di bagian tagline.

Contoh Font yang Cocok Untuk Logo Real Estate

Berikut ini beberapa rekomendasi font untuk logo real estate:

Trajan

Siapa yang tak familiar dengan font ini, Trajan adalah font sejuta umat bagi logo yang ingin menampilkan kesan klasik, mewah, elegan, berwibawa dan terpercaya. Tipe tipografi serif dengan gaya Small Caps menjadi ciri khas yang menonjol diantara font serif lainnya. Beberapa sektor yang sering menggunakan font trajan antara lain Perbankan, Lawyer, Universitas dan Real Estate.

Optima

Optima adalah font Sans serif yang elegan dan berkelas namun dengan sentuhan yang lebih modern. Font ini tetap terlihat indah walaupun menggunakan setting Title Case, cocok untuk segala jenis perusahaan yang ingin menampilkan kesan modern, indah dan elegan.

Proxima Nova

Proxima nova bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menampilkan kesan mahal, indah dan enak dibaca. Karena memang harga lisensi font ini cukup mahal hanya diperuntukkan untuk kaum elit. Kesan modern sangat terasa dalam font ini dan juga legibilitasnya tidak usah diragukan lagi.

Contoh Logo Real Estate yang Terkenal di Indonesia

Kesimpulan

Walaupun begitu semua kembali kepada apa yang ingin diungkapkan dalam brand. Sehingga tidak selalu berhubungan dengan gambar rumah atau hal-hal yang disebutkan diatas. Dari contoh logo diatas banyak sekali logo yang sangat abstrak yang tidak diketahui maksudnya. Umumnya brand itu sudah terkenal luas sehingga sangat confident dengan penggunaan logo tersebut atau ada maksud tertentu yang kita tidak tahu.

Namun kelebihannya adalah logo-logo diatas juga sangat mudah dibedakan dari yang satu dengan yang lainnya. Intinya riset brand dari kompetitor juga perlu untuk meningkatkan brand awareness.

Bila Anda ingin membangun brand serahkan kepada masvian.com yang telah berpengalaman selama 10 tahun dalam dunia desain grafis dan komunikasi visual.

0 Response to "Ide-Ide Logo Untuk Bisnis Real Estate Perumahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel