Adsense

Macam-Macam Jenis Desain Grafis yang Harus Kamu Tahu

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang berbagai jenis pekerjaan desain grafis, lebih baik ketahui dulu apa itu desain grafis. Desain grafis merupkan ilmu perancangan visual yang mengkombinasikan warna, tipografi, garis, dan bentuk sehingga mampu mengkomunikasikan sesuatu yang ingin dikomunikasikan. Umumnya desainer grafis harus menguasai prinsip-prinsip desain, seperti kesatuan, proporsi dan hirarki. Namun ada banyak cara implementasi desain grafis yang tidak mungkin dilakukan dengan satu cara. Hal ini memecah pekerjaan ini menjadi banyak jenis desain grafis. Apa saja itu?


  1. Desain Identitas Visual

    Brand Identity

    Di bidang ini aspek yang paling ditekankan adalah branding merk. Bisa berupa identitas perusahaan, identitas personal atau identitas produk. Umumnya desain identitas ini mencangkup semua media seperti logo, kartu nama, spanduk, profil, kop surat, stationari, sosial media dan website. Walaupun berbeda media visual namun desain-desain tersebut tetap memiliki ciri khas yang sama, entah itu dari pola, garis, warna. Sehingga desainer grafis harus mampu menjaga konsistensi dan menetapkan aturan yang disebut brand guide.

  2. Desain User Interface (UI)

    aplikasi android

    User Interface merupakan pola visual yang menghubungkan sistem ke pengguna sehingga mudah dipahami. Contoh implementasinya adalah dalam aplikasi, software, dan website. Desainer diharapkan mampu memilih pola layout yang sesuai dengan karakter pengguna dalam waktu yang sama tetap memberikan fungsi yang normal sesuai program.

  3. Desain Marketing & Periklanan

    brosur

    Marketing dan periklanan meliputi desain poster, pamflet, banner, spanduk yang berfungsi untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam hal ini yang perlu dikomunikasikan adalah keunggulan produk, kualitas dan daya saing. Desainer selain membuat karya yang bernilai seni tapi juga bernilai jual dan menarik konsumen.

  4. Desain Publikasi

    koran

    Publikasi umumnya diperuntukkan oleh media massa, baik itu portal berita atau publikasi non formal. Publikasi dalam media cetak bisa berupa koran, majalan dan buku. Selain itu dalam media online bisa berupa desain sosial media, seperti instagram, facebook, twitter dan website. 

  5. Desain Kemasan

    Desain Kemasan

    Kemasan adalah pelindung dari produk utama selain itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana informasi seperti kandungan, kelebihan, merk, dan infromasi lainnya yang dibutuhkan konsumen berkaitan dengan produk. Untuk itu desainer wajib memberikan nilai visual yang lebih pada kemasan supaya pesan informasi bisa tersampaikan baik berupa gambar maupun tulisan.

  6. Desain Animasi

    Desain Animasi

    Animasi adalah gambar yang bergerak dinamis sesuai waktu yang telah diatur. Desain animasi ini berguna untuk memberikan pembeli memori tambahan yang mudah diingat saat melihatnya. Contohnya adalah logo yang dibuat bergerak saat intro video. Desainer selain mengatur tampilan juga harus mampu mempertimbangkan dimensi waktu memberikan efek komunikasi yang diinginkan.

  7. Desain Ilustrasi

    Desain Illustrasi

    Illustrasi merupakan penggambaran suatu kejadian, desain illustrasi melingkupi komik, buku dan penjelasan dari suatu produk. Illustrasi diharapkan mampu memudahkan audience untuk memahami dan mengimajinasikan secara tepat selain penjelasan dari teks saja. Pekerja desain illustrasi disebut juga illustrator.

  8. Desain Lingkungan

    Desain lingkungan

    Desain lingkungan atau Environmental Designer berkeja untuk membuat layout secara 3 dimensi yang sesuai dengan fungsi yang akan digunakan. Contoh dari enviromental design adalah desain panggung, stand, dan pameran. Dengan adanya desain diharapkan pengunjung bisa paham tanpa bingung mau kemana. Desain grafis yang bisa diimplementasikan umumnya di dinding yang berisi gambar dan petunjuk serta tata letak segala perabot yang dibutuhkan.

Demikian 8 jenis desain grafis yang diketahui, jika kalian memiliki jenis lainnya silahkan share di kolom komentar. Terimakasih.

0 Response to "Macam-Macam Jenis Desain Grafis yang Harus Kamu Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel