Adsense

6 Tips Membuat NFT yang Laku Dijual

bored ape


Non-Fungible Token atau disebut juga NFT merupakan salah satu teknologi terbaru masa kini persembahan dari blockchain, yang berfungsi untuk mendigitalkan suatu benda di dunia nyata, entah itu seni lukis, tiket konser, surat tanah atau benda koleksi lainnya. Benda-benda itu diubah menjadi suatu token unik yang tertanam dalam sistem blockchain selamanya. Secara digital umumnya token-token itu berwujud gambar jpg/png/gif/mp3/mp4, file format tersebut mewakili benda di dunia nyata. 

Token NFT bisa diperjual belikan di suatu marketplace yang khusus menjual NFT. Contohnya marketplace NFT yang paling terkenal adalah Opensea yang didirikan diatas blockchain Etherium. Selain Etherium beberapa blockhain lain juga seperti Solana, Cardano, Terra memiliki platform marketplacenya sendiri-sendiri.

Semua orang bisa membuat dan menjual NFT, tapi umumnya orang-orang kesulitan menjual NFT yang dibuatnya. Tak heran banyak yang menyerah membuat NFT karena gak laku. Tujuan utama NFT memang bukan untuk jual beli, tapi hanya sarana mendigitalkan suatu barang. Jika tujuanmu adalah mencari uang kamu harus bekerja keras tidak hanya membuat NFT tapi memasarkannya. 

Berikut ini beberapa Tips supaya NFT laku terjual.

1. Buat karya yang unik

Siapasih kolektor yang tidak menyukai keunikan. Dalam NFT sendiri setiap token NFT memang unik tapi jika karyanya sendiri yang digitalkan itu tidak unik ya sama saja. Keunikan tersebut bisa menjadi karakteristik yang membuatmu beda dari NFT lain. Contohnya jika kamu adalah pelukis atau digital artis bisa membuat karya aneh seperti gambar kucing bermata manusia, manusia berlidah ular dll.

2. Share ke sosial media

Setelah menjualnya di NFT marketplace, jangan berharap ada orang yang membeli karyamu. Peluangnya sangat kecil sekali orang membeli NFT langsung di marketplace tanpa tahu seluk beluk author dibaliknya. Untuk itu kita wajib membangun folower terutama di twitter, supaya value dari NFT bertambah dan berpeluang laku. Sebagian besar NFT yang laris adalah mereka yang terkenal dan sudah mempunyai nama di dunia maya atau nyata. Selain twitter kamu juga harus membuat website khusus untuk proyek NFT-mu.

3. Berikan kegunaan

Selain sebagai karya seni, NFT juga bisa diberikan kegunaan supaya menambah nilai lebih dari suatu gambar NFT. Kegunaan itu juga bisa menarik orang untuk membeli dan mengoleksinya. Contohnya NFT yang memiliki kegunaan gaming, atau NFT bisa menjadi kupon untuk mendapatkan priviledge tertentu. Contohnya adalah game Axie Infinity yang memungkinkan pengguna memainkan game dengan karakter yang berupa NFT.

4. Buat merk

Seperti halnya produk, kita harus memberikan keyakinan kepada calon pembeli bahwa karya ini bernilai. Salah satunya adalah membuat merk, selain itu merk dapat memudahkan konsumen untuk mengingat produk.

5. Jual murah

Jika sudah melakukan keempat tips diatas dan masih belum laku, mungkin masalahnya pada harga. Buatlah harga terjangkau terutama untuk kalangan menengah kebawah. Jangan lupa pilih platform yang memiliki gas fee murah, bisa di jaringan poligon, matic, solana, atau cardano.

6. Kerjasama dengan creator lain

Mungkin banyak creator NFT di luar sana yang telah memliki banyak folower bisa diajak untuk kerjasama untuk mempromosikan NFT kalian. Umumnya berupa giveway dengan syarat-syarat yang menambah folower, like dan komen.

Demikian beberapa tips supaya NFT laku terjual. Semoga sukses.

0 Response to "6 Tips Membuat NFT yang Laku Dijual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel