Adsense

Pengertian dan Elemen Dasar Packaging dalam Desain Grafis

kemasan toko

Dalam kehidupan sehari-hari kita kerap melihat yang namanya kemasan. Entah itu di minimarket atau toko kelontong. Umumnya di dalam kemasan terdapat isi yang sesuai dengan gambar dalam kemasan. Semakin kemasan itu menarik semakin kita ingin membelinya. Untuk itu dalam desain grafis, desain kemasan sangat penting sebagai strategi marketing non verbal.

Pengertian Packaging

Packaging (kemasan) adalah wadah produk yang meliputi seluruh bentuk fisik wadah tersebut, misalnya desain, bentuk, warna, ukuran, label, dan materi yang dipergunakan.
Packaged goods (barang kemasan) adalah prduk yang dijual kepada konsumen dalam bentuk kemasan. Misalnya, sabun, pasta gigi, dan barang lain yang dipajang dalam rak-rak toko.

Kemasan/package dibuat dengan tujuan utama adalah untuk penempatan barang/produk sehingga terlindung dari kerusakan atau hal-hal lain yang berdampak negatif terhadap produk di dalamnya. Sekarang sebuah barang tidak lagi sekedar untuk melindungi barang secara fisik namun juga mulai memperhatikan segi keindahan dan peran lebih dari tampilan sebuah kemasan untuk memikat calon konsumen. Ditengah persaingan global dan kebutuhan masyarakat yang makin variatif, kemasan menjadi jung tombak dalam menghadapi persaingan antar produk.

Elemen Dasar Packaging

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang desainer dalam membuat desain kemasan adalah:

  • Elemen Struktural-Fisik: Segala sesuatu yang meliputi bentuk dan bahan yang digunakan. Pemilihan secara fisik harus disesuaikan dengan karakteristik produk,misalnya produk berbentuk cair lebih baik dikemas dalam bahan yang kuat dan tertutup supaya tidak bocor/tumpah. Kondisi fisik produk akan menentukan pemilihan bahan, contohnya cairan berwarna dapat ditonjolkan dengan menggunakan kemasan transparan.
  • Elemen Estetik-Visual: Segala sesuatu yang meliputi warna. gambar/illustrasi, garis, ruang, tekstur dan cahaya yang digunakan untuk memperkuat image positif dari sebuah produk, misalnya warna-warna cerah pada kemasan sabun suci Sunlight memiliki peran untuk memikat konsumen sekaligus mencerminkan manfaat produk.
  • Elemen Verbal: Segala hal yang berkaitan dengan label, kandungan isi dan informasi lain yang tampil berupa teks sebagai penjelas sekaligus identitas utama sebuah kemasan.
Berikut beberapa elemen penting yang harus dicantumkan dalam desain packaging, bila ingin dipajang dalam etalase atau rak sebuah toko.
  1. Logo: Selain untuk perusahaan atau organisasi, logo juga penting untuk suatu produk. Umumnya logo akan ditempel dalam kemasan supaya mudah dikenali. Tanpa logo seringkali kemasan yang hampir sama, seperti parfum botol membuat konsumen bingung memilih.
  2. Informasi Produk: Informasi produk sangat penting untuk membantu konsumen membuat keputusan tentang produk yang dipilih. Umumnya informasi tersebut adalah Komposisi, Tanggal Kadaluarsa, Ukuran, Cara pakai, dan Perusahan atau produsen.
  3. Barcode: Barcode penting sebagai syarat dasar supaya produk dapat masuk pasar retail. Barcode berisi informasi perusahaan dan nomor urut produk. Setiap barcode umumnya diletakan dibelakang kemasan dengan jelas dan hitam putih.

0 Response to "Pengertian dan Elemen Dasar Packaging dalam Desain Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel